Polisi Ciduk Satu Pelaku Curat

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKJABAR.id,BANDUNG – Unit Reskrim Polsek Cidadap, tangkap satu pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) spesialisasi rumah kosong dan kamar kost-kostan.

Ilham Kurnia (28) ditangkap, saat dirinya ketahuan setelah melakukan aksinya oleh pemilik kostan, dirinya pun langsung di amanakan di pos hansip, lalu kemudian di gelandang ke Polsek Cidadap beberapa waktu lalu.

Dikatakan Kapolsek Cidadap Kompol Hanafi, didampingi Kanit Reskrim Polsek Cidadap Ipda Maman Suherman, penangkapan Ilham saat itu bermula, saat pelaku bersama M (DPO) melakukan aksi kejahatannya di rumah kostan di Jalan Rancabentang II Rt 07/08 Kelurahan Cimbeuleuit Kecamatan Cidadap.

Saat itu salah penguhi rumah kostan tersebut, melihat kedua pelaku masuk ke salah satu kamar kost. Tak berselang lama, penguhi kost tersebut, melihat pelaku membawa sebuah tv keluar dari kamar yang di masuki pelaku.


“Penghuni kost tersebut mencurigai pelaku, dirinya pun langsung menghampiri, namun saat di hampiri, satu orang lari menggunakan sepedah motor dan pelaku Ilham terlihat akan kabur juga, penghuni kost tersebut, langsung menarik pelaku dan berteriak pada penghuni kostan lainnya, alhasil pelaku pun di amankan warga, saat diamankan warga, pelaku mengaku sedang melakukan pencurian,” kata Hanafi kepada wartawan, di Mapolsek Cidadap Jalan Setiabudi, Jumat (21/8/2015).

Dari penangkapan tersebut, selain mengamkan pelaku, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti satu buah televisi 40 inc, dan juga alat bukti kejahatan empat kunci rumah.

Hanafi menjelaskan berdasarkan dari keterangan pelaku, Ilham kerap kali melakukan aksinya di rumah yang ditinggali penghuni, dan juga rumah kost-kostan.

“Dari pengakuannya dirinya sudah dua kali melakukan hal ini, biasanya targetnya rumah kosong, atau kostan wanita, dirinya ini biasa beroperasi diatas jam satu malam,” kata Hanafi seraya mengatakan pelaku Ilham baru kali ini tercatat di kepolisian, dalam setiap aksinya, drinya selalu luput dari kejaran kepolisian.

“Yah bisa di katakan dirinya spesialis dalam aksi curat ini,” kata Hanafi.

Atas perbuatannya kini Ilham mendekam di ruang tahanan Mapolsek Cidadap. Atas perbuatannya Ilham dijerat pasal 363 KHUPidana dengan ancaman bui lima tahun penjara.

“Kita juga melakukan pengejaran terhadap satu pelaku lainnya, yang masih satu kelompok dengan pelaku Ilham ini,” kata Hanafi.

Sementara itu, Ilham yang kesehariannya bekerja sebagai pengamen itu mengatakan, hasil disetiap aksinya, digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Sebelumnya saya melakukan aksi di daerah Jatinangor, disana saya mendapatkan satu tv dan juga telefon gengam,” kata Ilham di waktu yang sama.

(RadarBandung/sar)