Wapres JK Buka Kongres Paguyuban Pasundan

paguyuban pasundanPOJOKJABAR.id, BANDUNG– Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Jusuf Kalla (JK) membuka kongres Paguyuban Pasundan ke 42 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung , Jumat (21/8/2015). Tampak sejumlah sesepuh Jawa Barat dan tokoh Sunda menghadiri di Kongres Ke-42 Paguyuban Pasundan,

Para sesepuh Jawa Barat yang hadir mengenakan batik warna Paguyuban Pasundan berwarna biru di antaranya politisi perempuan dari Partai Golkar Popong Otje Djundjuan atau Ceu Popong, mantan Gubernur Jawa Barat Solihin Gautama Purwanegara. Kemudian mantan Wakil Ketua DPRD Jabar sekaligus budayawan sunda Uu Rukmana, politisi PDI Perjuangan Tb Hasanuddin, dan Ketua Dewan Pangaping Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Ginandjar Kartasasmita.

Sementara itu, Ketua Umum Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi mengatakan kehadiran Wakil Presiden ke kongres ini mencerminakan bahwa Paguyuban Pasundan adalah organisasi yang bersifat nasional bukan kedaerahan.

Ia mengatakan bukti lain bahwa Paguyuban Pasundan bukanlah organisasi kedaerahan ialah dengan adanya cabang-cabang di berbagai provinsi di Indonesia dan di sejumlah negara lainnya seperti Malaysia, Jepang, Australia dan Amerika Serikat.


Menurut dia, Kongres Paguyuban Pasundan adalah mekanisme organisasi dalam rangka kelangsungan hidup organisasi dan kongres ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

“Adapun kongres yang sekarang merupakan kongres ke-42 di usia Paguyuban Pasundan yang ke-102 tahun dan mempertahankan eksistensi pada rentang waktu tersebut merupakan prestasi yang membanggakan, setidaknya umur yang membentang panjang itu eksistensi membanggakan,” kata Didi.(glm/dea)