Wow.. Buang Sampah Sembarangan, Ditangkap

Kasatpol PP Kota Cimahi, Aris Permono, saat diwawancarai para wartawan. Satpol PP Kota Cimahi berecana akan menangkap pembuang sampah sembarangan.
Kasatpol PP Kota Cimahi, Aris Permono, saat diwawancarai para wartawan. Satpol PP Kota Cimahi berecana akan menangkap pembuang sampah sembarangan.
Kasatpol PP Kota Cimahi, Aris Permono, saat diwawancarai para wartawan. Satpol PP Kota Cimahi berecana akan menangkap pembuang sampah sembarangan.

POJOKJABAR.id,CIMAHI – Guna untuk menindaklanjuti permasalahan masyarakat yang membuang sampah sembarangan, Satpol PP Kota Cimahi sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi. Rencananya Satpol PP akan segera melakukan Operasi Tangkap Tangan kepada masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Kasatpol PP Kota Cimahi, Aris Permono mengatakan, saat ini masih banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungannya. Masih banyak dari masyarakat yang membuang sampah di sembarang tempat seperti di pinggiran jalan.

“Karena masih banyak masyarakat yang kurang peduli dengan lingkungannya. Makannya kami siap melakukan operasi tangkap tangan, guna memberikan efek jera bagi masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan,” ujarnya, Kamis (13/8).

Aris menuturkan, sudah diatur dalam Perda No. 16 Tahun 2011 tentang pengolahan sampah. Maka dari itu pihaknya sudah melakukan rapat dengan DKP untuk menindak bagi mereka yang membuang sampah sembarangan. “Sanksi bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan cukup berat, ancaman denda nya Rp 50 juta atau sanksi 3 bulan kurungan,” tuturnya.


Lebih lanjut Aris meminta kepada DKP untuk terus melakukan sosialisasi selain melakukan operasi tangkap tangan. Menurutnya, tidak hanya masyarakat yang membuang sampah di pinggir jalan, namun pihaknya menghimbau kepada masyarakat juga untuk tidak membuang sampah ke sungai.

“Ketika musim penghujan datang, membuang sampah ke sungai juga membuat sungai menjadi tersumbat. Oleh karena itu, kami akan menindaknya,” ungkapnya.

Hal yang sama dikatakan oleh Kabid kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi, Ade Ruhiyat. Menurutnya, masih banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungannya, semestinya masyarakat membuang sampah di tempat pembuangan sampah (TPS) yang tersedia bukan membuat sampah di pinggiran jalan.

“Seharusnya masyarakat tidak asal membuang sampah di sembarang tempat, melainkan membuang sampah di TPS yang sudah tersedia. Kebanyakan masyarakat membuang sampah dipinggiran jalan sambil melintas di kawasan tersebut,” ujarnya.

Ade menuturkan, pihaknya akan melakukan operasi tangkap tangan guna menindak masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan bisa dikenai sanksi Tipiring karena telah melanggar Perda No. 16/2011 tentang pengolahan sampah.

“Kita akan melakukan operasi tangkap tangan untuk menindak masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Kita kini sedang survei ke lapangan, apa yang menjadi permasalahan sehingga masyarakat membuang sampah sembarangan,” ungkapnya.

(RadarBandung/cr7)