Telusuri Aset, Bentuk Timsus

logo pemkot Cimahi
logo pemkot Cimahi
logo pemkot Cimahi

POJOKJABAR.id,CIMAHI – Pemkot Cimahi mengaku proses sertifikasi aset yang dimilikinya telah mencapai 70% dari total 791 bidang tanah yang tercatat. Untuk mempercepat sertifikasi, pihaknya akan membentuk tim khusus (timsus) penelusuran aset.

Kasubag Pelaporan dan Penghapusat Aset Setda Kota Cimahi Faisal mengatakan, tim tersebut merupakan gabungan dari sejumlah SKPD diantaranya bagian hukum, pemerintahan dan tokoh masyarakat.

“Rencananya tim ini akan mulai bekerja pada 2016. Banyak aset baru berupa penyerahan fasilitas umum dan sosial dari pengembang yang perlu diselesaikan,” katanya, Senin (10/8/2015).

Yang lebih sulit lagi untuk dituntaskan adalah menyangkut aset limpahan dari kabupaten induk dalam hal ini Kab Bandung. Sekalipun jumlahnya tidak banyak, tapi tetap menjadi pekerjaan rumah Setda Cimahi


Mengenai tugas khusus dari tim tersebut, Ical sapaan akrabnya menjelaskan, adalah untuk membantu dan menyelesaikan aset yang ada. Selain itu, menelusuri potensi aset yang baru.

“Sejauh ini tidak ada kendala berarti terutama untuk aset hasil pelimpahan para pengembang. Karena memang pada umumnya mereka sangat kooperatif,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemkot Cimahi telah melelang assetnya senilai Rp2,9 miliar. Aset yang akan dihapus dalam neraca tersebut, berupa sarana dan prasana perkantoran serta kendaraan.

(RadarBandung/cr7)