Puluhan Residivis Begal Ranmor Dibekuk

AKBP Erwin Kurniawan
AKBP Erwin Kurniawan
AKBP Erwin Kurniawan

POJOKJABAR.id,SOREANG – Jajaran Satuan Reserse dan Kriminal Polres Bandung membekuk 10 residivis pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) spesialis kendaraan bermotor R2 dan R4.

Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan didampingi Kasat Reskrim Polres Bandung AKP Wisnu Perdana Putra mengatakan, para pelaku yang ditangkap di beberapa wilayah di Kab. Bandung itu merupakan residivis.

“Modus operasi curanmor  yang dilakukan para pelaku yakni dengan cara merusak kunci kontak menggunalan kunci palsu/astag, dan merusak kunci stang,” ungkap Erwin kepada wartawan di Mapolres Bandung, belum lama ini.

Dalam melakukan aksinya para pelaku bawa-bawa golok. “Jika korban tidak memberikan motornya, pelaku tidak segan-segan melukai korban dengan sajam,” ucapnya.


Erwin menambahkan, sasaran mereka kendaraan roda empat dan dua. Untuk roda empat lebih seringnya mobil pick up. Komplotan pelaku ini beraksi tidak hanya di wilayah hukum Polres Bandung, namun ada juga di wilayah hukum Polres Cimahi dan Polrestabes Bandung. Pengendara yang lengah dan melintas ke kawasan sepi menjadi target para pelaku.

“Modus operandi para pelaku ini, dengan memepet para korbannya di tempat-tempat sepi ketika malam hari. Ketika korban melawan, pelaku langsung membacok. Bahkan dari pengakuan tersangka, ada korban yang sampai kritis setelah cibacok di bagian leher karena melawan,” kata kapolres.

Dari sepuluh orang pelaku, sebut Erwin, diantaranya merupakan residivis yang kembali berulah di beberapa wilayah seperti di Kec. Soreang, Rancabali, Baleendah, Majalaya, Bojongsoang dan yang lainnya. “Patut kami analisa, bagaimana agar membuat para pelaku ini jera. Tentunya ini pekerjaan rumah bagi kami. Ini pun sebagai sarana kami untuk terus melaksanakan cipta kondisi, apalagi menjelang Pilkada 2015. Kami harap tidak lagi terjadi apalagi sampai menelan korban,” harap kapolres.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini mereka mendekam di sel tahanan Mapolres Bandung. “Untuk pelaku curas, dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Sedangkan untuk pengeroyokan dan atau percobaan yakni curas, pelaku dijerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara,” tegas Kapolres.

(RadarBandung/apt)