Warga Bandung Meluber ke Kawasan Asia Afrika, Penjagaan Diperketat

PENJAGAAN KETAT: Simulasi Pengamanan Kepala Negara di kawasan Gedung Merdeka, Bandung. Khairizal Maris/RADAR BANDUNG
PENJAGAAN KETAT: Simulasi Pengamanan Kepala Negara di kawasan Gedung Merdeka, Bandung. Khairizal Maris/RADAR BANDUNG
PENJAGAAN KETAT: Pengamanan kepala negara delegasi KAA di kawasan Gedung Merdeka, Bandung. Khairizal Maris/RADAR BANDUNG

POJOKSATU.id, BANDUNG – Warga Bandung meluber ke kawasan Asia Afrika untuk menyaksikan para delegasi dan kepala negara dari berbagai negara yang datang ke Kota Kembang. Sejak sejak kemarin, Kamis (23/4/2015) hingga tadi malam mereka berdatangan di sekitar Gedung Merdeka, tempat pelaksanaan Konferensi Asia Afrika (KAA).

Aparat keamanan memperketat penjagaan di sekitar Gedung Merdeka. Pasukan paspampres, TNI dan Polri, terlihat bersenjata lengkap menjaga kawasan itu. Kawasan tersebut dijaga ketat karena animo masyarakat untuk menyaksikan perhelatan internasional ini sangat tinggi.

Masyarakat berkumpul untuk menonton para delegasi yang datang. Mereka terlihat ada di pinggiran jalan sekitar kawasan Asia Afrika.

Salah seorang warga yang berada di kawasan tersebut Hernaedy Sidartha (22), mengatakan ingin melihat perhelatan ini. Di katakannya untuk masuk ke dalam memang agak susah. Tapi tetap di perbolehkan masuk hanya untuk menonton.


“Tadi dikatain Paspamres udah streril, jadi gak boleh masuk. Jadi cuma nonton di pinggiran sini aja (dekat Simpang Lima). Ingin lihat aja KAA. Ingin tahu siapa aja yang datang,” jelas Hernaedhy.

Sejak Kamis (24/4/2015) malam, pengamanan memasuki ring satu terlihat cukup ketat. Jalan menuju Asia Afrika di Jalan Merdeka terlihat diblokir oleh polisi baik berseragam maupun memakai baju safari.

Jalur ke Asia Afrika terlihat sudah disterilkan, sehingga tidak sembarangan orang bisa masuk, terkecuali petugas keamanan dan orang-orang yang mempunyai tanda pengenal khusus.

Bahkan, di balai kota masih terlihat banyak orang yang berjalan-jalan menikmati malam Kota Bandung jelang peringatan KAA ke-60 hari ini.

(cr6/mld)