Pertemuan Dua Jam Menhub dengan Gubernur Berlangsung Tertutup

Menhub
Ignasius Jonan

POJOKSATU.id,BANDUNG-Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan menemui Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Gedung Negara Pakuan, Bandung, Rabu (15). Jonan datang langsung ke rumah dinas Gubernur Jawa Barat yang beralamat di Jalan Otto Iskandardinata.

Pertemuan dilakukan secara tertutup selama kurang lebih dua jam. Setelah melakukan pertemuan, Jonan mengaku, menemui Heryawan hanya untuk bersilaturahmi. “Saya habis dari PT KAI, dulu kan saya kerja di PT Kereta Api. Tuh kantornya di situ keliatan, jaraknya dekat dengan rumah dinas Pak Gubernur. Jadi, ini silaturahmi,” kata Jonan kepada wartawan.

Selain itu, Jonan pun mengaku, kedatangannya untuk melaporkan tentang APBN dan APBNP di bidang perhubungan yang berkaitan dengan Provinsi Jawa Barat. Hal ini dirasa perlu agar Gubernur bisa memberi masukan dan membantu memberikan pengawasan terutama dari sisi penggunaan anggaran.

“Detailnya bisa ditanyakan ke beliau,” kata Jonan. Di tempat yang sama, Heryawan membenarkan, pihaknya membahas anggaran yang akan dialokasikan untuk Jabar dalam APBN dan APBNP 2015. Menurutnya, anggaran yang diberikan untuk bidang perhubungan di Jawa Barat tergolong besar, yakni hingga mencapai Rp985 miliar.


“Hampir Rp 1 triliun ya,” katanya. Heryawan menjelaskan, terdapat sejumlah pembangunan transportasi di Jabar, seperti bandara dan pelabuhan.

“Bandara Cakrabuana, ada tiga pelabuhan, di antaranya, Pamanukan- Cirebon, Pelabuhan Ratu, dan Pangandaran. Untuk kereta api, juga untuk menyediakan bus,” pungkasnya. (agp/yaz)