Ada Lilin di Mesin Cuci, Rumah Mohan Terbakar

kebakaran
kebakaran
Ilustrasi

POJOKSATU.id, CIMAHI – Diduga akibat lilin di atas mesin cuci yang dibiarkan menyala, sebuah rumah di Jalan Foker RT 5/RW 23 Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi terbakar, Selasa (14/4). Pada saat kejadian, penghuni meninggalkan rumah karena bekerja.

Kejadian kebakaran tersebut berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB ketika rumah dalam keadaan kosong. Hal itu dikatakan Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Damkar Kota Cimahi, Uus Supriyadi.

Uus menjelaskan, kebakaran disebabkan kelalaian, pemilik rumah yang meninggalkan rumah ketika lilin masih menyala diatas mesin cuci.

“Mungkin lupa memadamkanya karena saat itu listrik dalam keadaan mati,” ungkap Uus kepada wartawan, kemarin.


Meski api sempat membakar mesin cuci yang berada di kamar mandi, beruntung, warga dengan sigap memdadamkan api setelah berjibaku selama kurang lebih satu jam, sehingga api tidak sampai menjalar ke ruang lain.

Uus mengapresiasi masyarakat yang tanggap untuk melakukan pemadaman dengan alat seadanya sambil menunggu petugas Damkar. “Tiba di lokasi api sudah dapat dipadamkan,”  ujarnya.

Pihak Damkar Kota Cimahi menurunkan 3 unit mobil damkar dengan 6 personil yang kemudian melakukan pendinginan. Adapun kerugian dalam musibah tersebut diperkirakan sebesar Rp. 2 juta rupiah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Sementara itu, ditemui setelah kejadian, pemilik rumah, Mohan (31)  mengatakan saat kejadian rumah dalam keadaan kosong. Ia meninggalkan rumah untuk pergi bekerja.

Mengetahui bagian rumahnya terbakar setelah mendapat telepon dari saudara. “Saudara saya bilang rumah saya kebakaran,” kenangnya.

Ia mengatakan,listrik dalam keadaan mati saat dirinya meninggalkan rumah. Namun, ia mengakui kabel listrik ke mesin cuci dalam keadaan terhubung ke saklar.

Ia mengungkapkan dirinya lupa mencabut listrik. “Saya lupa karena buru-baru mau kerja,” ujarnya.

(radarbandung)