Ternyata Air Curug Cipurut Banyak Khasiatnya Loh

Ternyata Air Curug Cipurut Banyak Khasiatnya Loh

Curug Cipurut

POJOKSATU.id, PURWAKARTA-Tak bisa dipungkiri lagi, ternyata Purwakarta merupakan salah satu kota istimewa. Banyak sumber daya alam di dalamnya. Kotanya keren, nyaman dan ramah lingkungan. Termasuk wisata alamnya. Salah satunya Curug Cipurut Wanayasa. Mendengar kata ini langsung terbayang sebuah air terjun terletak di antara pegunungan yang rimbak dengan pepohonan hijau. Dingin, sejuk, asri dan nyaman jika kita berkunjung ke sini. Namun, ada beberapa fakta yang belum banyak diketahui terkait curug yang terletak di kaki Gunung Burangrang ini.

Seperti diketahui, dalam bahasa Sunda, curug artinya air terjun. Dan air banyak diketahui sebagai sumber manfaat kehidupan. Khusus untuk air Curug Cipurut, karena proses alamiah yang membentuk molekul-molekul air memberikan kebaikan tersendiri. Berikut fakta-fakta dan kelebihan khasiat dari air Curug Cipurut.

Bermanfaat bagi kesehatan psikologis. Seperti pengidap stress, bunyi air dan nada-nada alam akan memberikan ketenangan tersendiri bagi siapa saja yang berkontemplasi di antara riangnya bunyi air di tengah pegunungan.

Air Curug Cipurut, aman dari bakteri. Air yang berasal dari pegunungan, tentunya akan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Suhu air yang cukup terbilang dingin akan mematikan berbagai jenis bakteri.

Sehingga hal ini baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Proses alamiah, mengalirnya air dari tempat tinggi ke tempat yang rendah akan membuat bakteri tidak dapat berkembang. Sebab musabab, bakteri biasanya akan berkembang biak di tempat-tempat air yang tenang atau diam.

Sehingga air yang kualitasnya paling aman dari bakteri adalah air yang berasal dari mata air pegunungan. Tak aneh dan dianjurkan, bagi setiap pengunjung, diperkenankan mandi dan berenang di Curug Cipurut.

Air Curug Cipurut mengandung oksigen yang cukup. Air pegunungan berada di dataran yang tinggi, dan berasal dari resapan-resapan pohon. Karena berada di dataran tinggi, maka air pegunungan akan mengandung oksigen yang lebih banyak dibandingkan dengan air yang berada di dataran rendah. Air Curug Cipurut sangat menyehatkan tubuh.

Mengobati segala jenis penyakit kulit. Karena proses air Curug Cipurut mendapat sinar matahari langsung, air di sini mengandung banyak ultraviolet yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Air yang terkena langsung sinar matahari, maka airnya akan bersifat baik. Berbeda dengan air tanah yang tidak mendapatkan sinar matahari.

Air Curug Cipurut terhindar dari bahan kimia. Diketahui oleh banyak orang, air pegunungan sangat terbebas dari aktivitas pabrik yang banyak membuang limbah. Tak terkecuali Curug Cipurut di kaki Gunung Burangrang.

Air di sini benar-benar aman dari yang namanya bahan kimia. Bahan kimia khususnya bekas limbah pabrik, sangat berbahaya untuk tubuh jika kandungan bahan kimia tersebut sampai masuk ke dalam tubuh.

Bisa diminum langsung. Air pegunungan memiliki kualitas sempurna. Jika percaya, pengunjung Curug Cipurut boleh meminum langsung air di sini. Karena air yang sehat hanya terdapat pada mata air pegunungan, salah satunya Curug Cipurut.

Nita Amalia (22), mahasiswi pencinta alam asal Karawang menjadikan Curug Cipurut sebagai tempat terapi alamiahnya.

Meski demikian kawasan ini terhitung baru untuk ia kunjungi. Memang, karena baru beberapa tahun belakangan ini, Curug Cipurut ramai dikunjungi wisatawan dibandingkan Curug Cijalu atau Curug Cipancar yang lebih dahulu dikenal orang.

“Curug Cipurut menghadirkan pemandangan alam yang sangat indah. Barisan pohon pinus yang menjulang tinggi di punggung Gunung Burangrang, serta hamparan sawah dan kebun teh yang menghijau membuat rasa lelah saya seakan sirna dengan melihat keindahan alam menuju Curug Cipurut,” kata Nita.

Untuk bisa sampai di lokasi Curug, pengunjung harus menyimpan kendaraan di tempat parkir milik warga. Dan berjalan sekitar kurang lebih 2 Km. Bagi yang tak biasa berjalan kaki, cukup melelahkan tentunya.

Namun, suguhan udara dingin, air yang bersih sedingin es menambah keelokan di sekitar lokasi wisata air ini. Tak heran, rasa capek pengunjung langsung terobati seketika. Dan, pengungjung yang berdatangan ke Curug Cipurut, semakin hari semakin bertambah.

“Bagi pengunjung yang kebetulan mampir untuk berwisata ke lokasi ini, untuk yang senang berwisata kuliner, saya menyarankan untuk berkunjung pada hari Minggu pagi,” tuturnya.

Karena pada Minggu pagi, diketahui bersama, pengunjung bisa langsung berwisata kuliner di Pasar Tradisional Wanayasa yang hanya hadir pada hari Rabu dan Minggu saja. Mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB.(gun/yaz)

Feeds