Curug Cinulang, Air Terjun di Dua Kabupaten Jabar

Curug Cinulang, Wisata Bandung

Ribuan pengunjung dari Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang menyerbu kawasan wisata di Curug Cinulang.(Ismail / Radar Bandung/JPNN)

POJOKSATU.id, BANDUNG – Air Terjun Curug Cinulang terletak di sebelah timur Kabupaten Bandung dan berbatasan dengan bagian barat Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar). Perjalanan ke lokasi itu bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun mobil pribadi. Namun, untuk tiba di lokasi tersebut, wisatawan tidak bisa menggunakan bus karena jalan yang dilintasi cukup sempit.

’’Sejak hari pertama Lebaran hingga sekarang, pengunjung yang datang ke Curug Cinulang selalu ramai. Bahkan, setiap hari tiket yang terjual lebih dari seribu,’’ ujar pengelola Wisata Air Terjun Curug Cinulang Euis Aisyah kepada Radar Bandung (Jawa Pos Group) di pos penjagaan.

Menurut dia, dengan membeli tiket seharga Rp 5 ribu per orang, pengunjung sudah bisa berwisata dan menikmati keindahan alam serta tumpahan Air Terjun Curug Cinulang. Untuk pengelolaan Curug Cinulang, pihaknya memberdayakan masyarakat setempat, baik penjaga tiket, parkir, keamanan, maupun kebersihan.

’’Curug ini sebenarnya dikelola dua kabupaten. Yakni, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang. Untuk lokasi yang dimasuki melalui pintu timur dikelola Desa Sindulang, Kabupaten Sumedang. Untuk lokasi yang dimasuki melalui pintu barat dikelola Desa Tanjungwangi, Kabupaten Bandung. Hasil penjualan tiketnya kami gunakan untuk membenahi dan merawat lokasi Curug Cinulang ini,’’ jelasnya.

Salah seorang wisatawan asal Bekasi, Deni Hidayat, 34, mengaku selalu datang ke Curug Cinulang setiap libur panjang. Tempat tersebut, tambah dia, menjadi salah satu pilihan utama. Sebab, Curug Cinulang mempunyai keindahan alam yang masih asri. ’’Saya mengajak keluarga berlibur ke sini. Pemandangan dan suasana alam yang asri membuat kami fresh lagi,’’ ungkapnya.

Curug Cinulang mempunyai dua air terjun dengan ketinggian 50 meter.  Yang pertama adalah air yang alirannya deras. Di sampingnya ada air terjun yang merupakan pecahan debit air yang lebih kecil.

Sementara itu, 30 meter ke barat terdapat aliran air dari dinding tebing di selatan. Air terjun kedua tersebut tidak sebesar dan sederas air terjun pertama. Ketinggiannya juga lebih rendah, yakni sekitar 15 m.

(isl/JPNN/c20/diq)

Feeds