Menuju Pilkada Serentak dan Pilpres, Disdukcapil di Cirebon Gagas Program Ini

Disdukcapil kota Cirebon menggagas program Pelayanan Keliling Penerbitan E-KTP./Foto: Rmol

Disdukcapil kota Cirebon menggagas program Pelayanan Keliling Penerbitan E-KTP./Foto: Rmol

POJOKJABAR.com, CIREBON– Disdukcapil menggagas program Pelayanan Keliling Penerbitan E-KTP. Program ini untuk tiga hal, program babad surat keterangan (Suket), program penggantian E-KTP yang rusak dan program distribusi E-KTP bagi yang telah melakukan perekaman.

Digagas pula Layanan Cetak Akte Lahir. Semua ini demi percepatan distribusi E-KTP.

Demikian dikemukakan Kabid Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil kota Cirebon, Drs. Rahmat Saleh saat melakukan pelayanan keliling penerbitan E-KTP dan Akta Kelahiran di halaman Masjid Cadasngampar. Kelurahan Agasunya. Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Kamis (11/01).

Drs. Rahmat Saleh menerangkan program pelayanan keliling ini bertujuan untuk percepatan pembuatan E-KTP untuk menghadapi Pilkada Serentak 2018 serta Pemilu 2019. Juga, imbuhnya, untuk percepatan Akte Kelahiran usia 0 sampai dengan 18 tahun.

“Kami menurunkan tim untuk kelancaran program tersebut dengan mengerahkan 10 orang terdiri dari administrasi catatan sipil 6 orang serta 4 orang dari bidang PIAK,” ujar Rahmat Saleh.

Baca juga: Nah Lho Uu, Ini Lho Curhatan Warga Tasikmalaya

Rahmat Saleh menambahkan, hasil program pelayanan keliling kali ini, pendaftar untuk Akte Kelahiran mencapai 50 orang. Akte yang sudah dicetak sesuai persyaratan sebanyak 24 orang.

Sedangkan, sambung Rahmat, untuk pendaftar E-KTP sebanyak 82 orang dan sudah tercetak sebanyak 45 orang.

“Sisanya dapat diambil di Kantor Disdukcapil dikarenakan waktu yang tidak memungkinkan dan kendala sinyal internet,” tukas Rahmat.

“Ke depan kami akan laksanakan program kartu keluarga, akte kelahiran, akte kematian, E-KTP dan Perekaman E-KTP yang semuanya bisa langsung dicetak di tempat yang sudah sesuai dengan persyaratan,” tambahnya.

(mar/rmol/pojokjabar)


loading...

Feeds

Ilustrasi Pilkades

Bakal Calon Kades Setia Mekar Mundur

SALAH seorang bakal Calon Kepala Desa Setia Mekar, Kecamatan Tambun Selatan, memilih mengundurkan diri dari peroses pencalonan saat hari terakhir …