RTRW Lokasi Bandara Sukabumi Direvisi, Pemerintah Pusat Setujui Wilayah Ini

Foto Ilustrasi Bandara

Foto Ilustrasi Bandara

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Guna mempersiapkan rencana pembangunan bandara di Cikembar, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah sama-sama merancang perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Kecamatan Cikembar.

Berdasarkan, Informasi yang dihimpun, dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sukabumi tahun 2013, Kecamatan Cikembar ini merupakan wilayah yang masuk dalam kawasan industri.

Dalam Perda itu belum ada klausul terkait adanya pembangunan Bandar Udara (Bandara).

“Selain kami, pemerintah provinsi juga melakukan revisi soal RTRW tahun 2013. Sekarang dalam proses,” ujar Sekretaris Bappeda Kabupaten Sukabumi, Asep Rahmat Mulyana, Rabu (08/8/2018).

Diakui Asep, memang dalam Perda yang sudah ada, ada wilayah yang di dalamnya untuk pembangunan Bandara. Namun itu bukan Kecamatan Cikembar, melainkan daerah Selatan Sukabumi tepatnya di Kecamatan Ciracap.

“Pemerintah pusat menghendaki pembangunan Bandara ini di Cikembar, maka sebelum proses pembangunan RTRW-nya harus direvisi. Ini tentunya sesuai dengan regulasi,” imbuhnya.

Seperti diketahui, rencana pembangunan Bandara ini merupakan rencana pemerintah pusat. Tujuannya yakni untuk mendukung sarana dan prasarana Kabupaten Sukabumi yang kini memiliki tempat wisata bertaraf internasional.

“Bandara ini untuk meningkatkan dan mendukung wisatawan supaya masuk ke Sukabumi. Tentunya kita berharap, tingkat kesejahteraan masyarakatnya pun berbanding lurus dengan meningkatnya pembangunan di Kabupaten Sukabumi,” harapnya.

Oleh karena itu, Asep menegaskan saat ini Pemerintah Kabupaten Sukabumi bersama pemerintah provinsi sedang memproses revisi RTRW. Ia berharap proses revisi berjalan dengan baik tanpa hambatan.

“Intinya ini sedang dalam proses, semoga saja berjalan dengan lancar,” pungkasnya.
Sebelumnya, Kabid Transportasi Udara Dishub Provinsi Jawa Barat, Nining Yuliastiani menyatakan, proses pembangunan Bandara di Kecamatan Cikembar memang masih terkendala dalam hal regulasi RTRW. Sehingga sebelum masuk pada tahap pembangunan, RTRW harus dilakukan perbaikan.

“Iya betul, rencana Bandara di Sukabumi ini masih terkendala RTRW. Jadi sebelum masuk pada tahapan, RTRW ini harus direvisi,” timpalnya.

Soal luasan wilayah yang akan digunakan untuk pembangunan Bandara, wanita bertubuh mungil itu mengaku, untuk sementarahanyabutuh150hektare. Namun menurutnya, tidak menutup kemungkinan luas itu bertambah bila perkembangannya nanti meningkat pesat.

“Kita lihat perkembangannya nanti. Tapi untuk saat ini rencananya Bandara akan dibangun di atas tanah 150 hektare,” pungkasnya.

(radar sukabumi/ren)


loading...

Feeds