Mantap! Gunungguruh Sukabumi Segera Miliki Sirkuit Motor Cross

PEMBANGUNAN: Lokasi pembangunan sirkuitMotor Cross yang berada di Kampung Padaraang, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh sudah berlangsung 80 persen.

PEMBANGUNAN: Lokasi pembangunan sirkuitMotor Cross yang berada di Kampung Padaraang, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh sudah berlangsung 80 persen.

Cari Aman

POJOKJABAR.com SUKABUMI – Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi segera memiliki objek wisata baru. Setelah terkenal dengan wisata Karang Para, kini kecamatan Gunungguruh sedang mengembangkan objek wisata baru dengan membangun sirkuit motor cross bertaraf nasional.

“Pembangunan sirkuit motor cross ini, untuk menyambut Kejuaraan Daerah (Kejurda) seri 3 yang rencananya akan diselenggarakan pada Agustus 2018 mendatang,” jelas Kepala Desa Kebonmanggu, Rasnita, Senin (9/7/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan, pembangunan sirkuit motor cross ini, telah dibangun sesuai dengan apresiasi Bupati Sukabumi Marwan Hamami, saat ivent Trabas 2017 yang diikuti oleh 1000 peserta dari penghobi motor cross.
“Pembangunan sirkuit ini sesuai keinginan masyarakat agar di wilayah ini, memiliki sirkuit motor trail dan dapat mengakomodir minat serta bakat para pemuda,” ujarnya.

Menurut Rasnita, pembangunan sirkuitdi lahan objek wisata Karang Para yang sudah berlangsung sekitar satu pekan terakhir ini, telah menghabiskan lahan seluas 1400 meter persegi. “Pengerjaan untuk pembangunan sirkuit ini, sudah 80 persen selesai. Insya Allah pada awal Agustus, lahan ini sudah bisa dimanfaatkan untuk sirkuitmotor cross;” paparnya.

Untuk mendukung sarana penunjang sirkuit tersebut, ujar Rasnita, pihaknya akan membangun fasilitas umum yang siap digunakan. Seperti kamar mandi dan toilet.

“Nilai tambah dari sirkuit ini juga mempunyai pemandangan yang indah, karena lokasinya tepat berada di bukit Karang Para. Sehingga pemandangan hamparan sawah dan rumah pemukiman penduduk dapat menambah eksotisme sirkuit ini,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap dengan adanya sirkuit tersebut, dapat semakin mengenalkan objek wisata Karang Para ke masyarakat luas. “Semoga dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Karena masyarakat yang berjualan di sekitar obyek wisata dan sirkuit akan semakin laku dagangannya,” katanya.

Ketua Pengurus Objek Wisata Alam Karang Para, Cecep mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terhadap sikap pemerintah desa yang telah mengembangkan objek wisata Karang Para melalui pembangunan sirkuittersebut. Terlebih lagi, sirkuit ini dibangun dengan pemandangan menarik.

“Dengan adanya wahana sirkuitini. Otomatis selain dapat mendongkrak penghasilan asli desa juga dapat menjadi daya tarik para wisatawan untuk dapat menikmati balap motor cross sambil melihat keindahan panorama alam di objek wisata Karang Para. Karena bukit Karang Para tersaji tepat dari area sirkuitnya,” bebernya.

Ia menambahkan, pembangunan sirkuit motor cross ini merupakan bagian dari pengembangan obyek wisata di Karang Para, sekaligus menjadi wadah bagi olahraga motor di Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya. “Besar kemungkinan, kala bangunan sirkuitini sudah rampung, pasti banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah untuk melihat sirkuitbalap motor cross ini,” pungkasnya.

(radar sukabumi/cr13/d)


loading...

Feeds