Jangan Ada LAgi Alat Peraga Kampanya Pilkada di Kota Sukabumi

DITERTIBKAN: Satpol PP Kabupaten Sukabumi saat menurunkan APK salah satu Calon Gubernur Jawa Barat karena sudah memasuki masa tenang.

DITERTIBKAN: Satpol PP Kabupaten Sukabumi saat menurunkan APK salah satu Calon Gubernur Jawa Barat karena sudah memasuki masa tenang.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Panitia pengawas pemilu (Panawaslu) Kota Sukabumi mulai mentertibkan seluruh alat peraga kampanye (APK) Pilkada serentak di Kota Sukabumi. Peneritban itu menyusul sudah memasuki hari tenang.

“Dalam tiga hari kedepan itu, seluruh alat peraga kampamye sudah tidak ada,” ujar Ketua Panwaslu Kota Sukabumi, Muhammad Aminuddin, Minggu (24/6/2018).

Tak hanya itu, selama masa tenang yang dijadwalkan 24 hingga 27 Juni, semua atribut seperti akun media sosial resmi milik Paslon tidak lagi melakukan kegiatan yang sifatnya kampanye.

“Jadi semua medaia apapun itu, APK, media cetak, elektronik, media sosial selama masa tengang tidak lagi melakukan kampanye,” jelasnya.

BACA JUGA : Turis Asing Keluhkan Jalan dan Sampah di Kota Sukabumi

Dijelaskan Aminnudin, pasangan calon baik akun tim pemenangan atau akun pribadi Paslon tidak lagi melakukan kegiatan kampanye dengan konten yang sifatnya mengajak untuk memilih. Pengawasan media sosial sendiri akan dilakukan oleh semeua anggota Panwaslu baik di tingkat Panwascam atau PPL.

“Dimasa tenang ini, kita akan lakukan pengawasan secara komprehensif,” kata Aminudin.

Sementara itu, dalam penertiban APK ini akan dilakukan secara serempak dan menyebar. Panwaslu diberbagai tingkatkan mulai Panwascam, PPL dan Pengawas TPS bergerak ke lapangan.
“Petugas yang turun sebanyak 640 orang hari ini (kemarin.red). Belum ditambah bantuan dari SatPol PP Kota Sukabumi,” jelasnya.

Lanjutnya, APK yang ditertibkan tidak hanya Peserta Pilkada 2018 saja. Namun, calon peserta Pemilu 2019 pun akan dibersihkan.

“Sekarang bukan masa kampanye, makanya akan dibersihkan juga. Namun yang pasti sudah bersih ialah APK untuk Pilgub dan Pilwalkot dulu,” ungkapnya.

BACA JUGA : Bawa Handphone, Warga Pabuaran Sukabumi Disambar Petir

Pantaun Panwaslu, APK setiap paslon hampir merata ada disetiap kecamatan. Bahkan, ada juga APK calon peserta Pemilu 2019.

“Seumua kita akan bersihkan karena belum saatnya masa kampanye. Namun yang pasti sudah bersih ialah APK untuk Pilgub dan Pilwalkot dulu,” pungkasnya.

Penertiban APK juga dilakukan Satpol PP Kabupaten Sukabumi. APK di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi mulai ditertibkan. Penertiban itu karena tahapan Pilgub Jawa Barat sudah memasuki masa tenang. Kepala Bidang Penindakan Peraturan Daerah dan Pembinaan Personel Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Chaerul Ichwan mengungkapkan, masa tenang Pilgub Jabar ini dimulai pada 24 sampai 26 Juni mendatang.

Dengan begitu, sesuai dengan aturan pihaknya pun menyisir dan mencopot seluruh APK.
“Penertiban ini kami lakukan atas koordinasi pemerintah daerah dan Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat, karena memang tepat pukul 00:00 WIB 24 Juni, masa tenang dimulai sehingga seluruh tempat harus steril dari APK,” jelasnya.

Dirinya menyebut, dasar hukum penertiban itu yakni peraturan KPU nomor 1 tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

“Mulai 24 Juni sampai dengan 26 Juni 2018 mendatang telah masuk masa tenang. Dengan begitu, seluruh atribut kampanye harus dibersihkan,” ujarnya.

Pada penertiban APK ini, lanjut Chaerul, pihaknya mengintruksikan kepada seluruh anggota Satpol PP Kabupaten Sukabumi untuk turun langsung membersihkan wilayahnya masingmasing.

BACA JUGA : Tujuh Cabor Kota Sukabumi Terancam tanpa Anggara di Porda 2018

“Selain seluruh petugas Satpol PP yang ada di markas dan setiap kecamatan, Satpol PP perwakilan dari Provinsi Jawa Barat pun ikut hadir dalam penertiban APK Pilgub Jabar ini,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Ant a r Lembaga Panitia Pengawas Kecamatan Cisaat, Ramlan Sanusi mengungkapkan, sejak diberlakukannya hari tenang, pihaknya telah mempreteli seluruh jenis APK para calon.

“Kami mulai lakukan sejak Minggu pukul 00:00 WIB. Seluruh jenis APK di wilayah Kecamatan Cisaat dibersihkan, sedangkan untuk one way kami bakal sweeping angkutan umum besok (hari ini, red),” pungkasnya.

(radar sukabumi/cr15/bal)


loading...

Feeds