Soal Idul Fitri 1439 Hijriah, MUI Kabupaten dan Kota Sukabumi Kompak

MUI

MUI

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Pelaksanaan salat Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriyah diprediksi dilaksanakan serentak pada Jumat (15/6/2018) mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sukabumi, KH A Komarudin saat dihubungi Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar),Senin malam (11/6/2018).

“Pelaksanaan salat Idul Fitri diprediksikan serentak. Itu hasil ruyatul hilal saat penentuan 1 Ramadan kemarin,” kata Ajengan Oman sapaan karin KH A Komarudin.

Komarudin juga menyebutkan, pihaknya bersama Badan Hisab Ruyat (BHR) bakal melajukan ruyatul hilal di Peneropongan Observasi Bulqn (POB), Cibeas, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/6) mendatang.

Pelaksanaan ruyatul hilal itu merupakan keharusan dilakukan lembaga dan akan dimusyawarahkan di Kementerian Agama (Kemenag) dalam sidang isbat Kamis malam.

“Kita punya umaro (pemerintah), tentu kita mengacu kepada keputusan umaro,” ulasnya.

Ia berharap, dengan pelaksanaan Idul Fitri serentak, bisa meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan selaku menjaga kondusifi tas umat Muslim.

“Kita sama-sama menuju kemenangan. Menang melawan hawa nafsu dan kembali ke fi tri, ” imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan Seketaris MUI Kota Sukabumi, M Kusoy. Ia mengatakan, kemungkinan pelaksanaan Idul Fitri di tahun 2018 M /1439 H ini serentak. Dikarenakan hampir semua hitungan mengarah kepada hari yang sama.

“Dari perhitungan bulan Syaban kemarin, biasanya jika seperti itu maka Ramadan 29 hari dan Idul Fitri jatuh pada Jum’at. Meskipun demikian, kita tunggu keputusan MUI Pusat dan Pemerintah. Karena hingga saat ini, belum ada keputusan,” ujarnya, Senin (11/6/2018).

Ia menambahkan, jika sudah ada penentuan dari pemerintah dan ada kelompok yang berbeda dalam menentukan hari Idul Fitri, maka MUI akan melakukan tabayun.

“Karena dalam beribadatan hilafiyah itu banyak, asalkan sesuai dengan Al-Qur’an dan hadist,” ungkapnya.

Sementara itu, Kusoy mengabarkan, keputusan hari apapun oleh pemerintah, sholat Idul Fitri bersama di Kota Sukabumi, seperti di tahun lalu yakni akan dilakukan di Lapang Merdeka.
“Direncakan khotibnya nanti Ketua MUI Kota Sukabumi, Prof. Dedi Ismatullah dan bertindak sebagai imam, yaitu KH Ghozali. Beliau juga merupakan imam mesjid Agung Kota Sukabumi,” katanya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Kota Sukabumi, untuk melaksanakan sholat Idul Fitri, dengan waktu yang diputuskan pemerintah pada sidang Isbat nanti.

“Mari kita laksanakan sholat Idul Fitri sesuai yang diputuskan pemerintah nanti,” pungkasnya.

(radar suakbumi/cr17/ryl)


loading...

Feeds

Pepen-Tri

Pepen-Tri Dilantik 20 September

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka pengumuman dan usul pengesahan pengangkatan pasangan calon …
Seribu Rasa

Seribu Rasa Hadir di Bekasi

RESTORAN Seribu Rasa membuka cabang ke-9 di kawasan Summarecon Bekasi, tepatnya di JalanBulevar Timur Blok VA nomor 25, seberang Summarecon …