Gila! Sampah Rumah Tangga di Sukabumi Meningkat, Ini Sisa Sampah Paling Banyak

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI- Volume sampah di Kota Sukabumi meningkat selama Ramadhan. Peningkatan tersebut didominasi oleh sampah rumah tangga. “Sampah rumah tangga yang naik. Sebab, banyak orang yang memasak berbagai makanan untuk berbuka,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi Adil Budiman saat dihubungi RMOLJabar (Pojoksatu.id group), Minggu (27/5).

Bahkan kata Adil, peningkatan terbanyak sampah sisa-sisa sabut kelapa. Pasalnya, selama Ramadhan, banyak pedagang kelapa dadakan. “Sampah -sampah organik yang paling meningkat. Kalau plastik relatif tidak terlalu banyak peningkatan. Mengenai peningkatan jumlah sampah sendiri, belum kita hitung,” ucapnya.

Peningkatan sampah organik tersebut tidak begitu mengkhawatirkan. Sebab, sampah tersebut lebih cepat mengurai dibandingkan dengan plastik. “Ya, lebih cepat membusuk kalau sampah organik,” ungkapnya.

Baca:

Namun, alangkah baiknya sampah rumah tangga tersebut diolah menjadi kompos. Sehingga, sisa yang tidak terpakainya baru dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) ataupun tempat pembuangan sampah sementara (TPS). “Kalau hal itu dilakukan, maka volume sampah yang masuk ke TPA tidak terlalu banyak,” terangnya.

Menurutnya, peningkatan volume sampah tersebut diprediksi hanya selama Ramadhan. Setelah itu, sema akan kembali normal seperti biasanya. “Selama puasa peningkatannya. Setelah itu normal lagi,” pungkasnya.

(bon/rmol/pojokjabar)

loading...

Feeds