Awas! 10 Rumah di Cijangkar Kota Sukabumi Terancam Longsor

WASPADA: Salah seorang warga Kampung Cijangkar menunjukan lokasi longsor

WASPADA: Salah seorang warga Kampung Cijangkar menunjukan lokasi longsor

POJOKJABAR,.com, SUKABUMI – Sedikitnya 10 rumah di Kampung Cijangkar RT01/10 Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citaminang, Kota Sukabumi, terancam longsor.

Pasalnya, tebing setinggi enam meter yang sempat tergerus longsor hingga saat ini belum mendapatkan perbaikan. Padahal, kondisi itu sangat mengancam keselamatan warga setempat.

Ketua RW10 Kelurahan Nanggeleng, Ayi Suryadi mengatakan, kondisi tersebut menimbulkan kekhawatiran bagi warga. Sebeb, jarak atara tebing dengan pemukiman hanya beberapa meter saja sehingga hal ini yang membuat ketakutan warga semakin memuncak.

“Terlebih saat ini musim penghujan, dimana tebing yang longsor beberapa waktu lalu terus digerus aliran sungai Curug Batu Kursi,” kata Ayi kepada Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar), Selasa (22/5/2018).

Dengan kondisi seperti ini lanjut Ayi, warga pun merasa was-was karena tebing yang sudah ambruk tersebut terus digerus aliran sungai. Terlebih, kontur tanah di wilayah tersebut cukup labil sehingga rentan terjadi bencana longsor.

“Apalagi kalau hujan malam, warga tidak bisa tidur nyenyak karena ketakutan terjadi longsor,” ujarnya.
Menurutnya, kejadian tersebut sudah di survei dari pihak pemerintah terkait, namun hingga saat ini belum kunjung ada bantuan.

“Beberapa intansi pemerintahan semapat datamg kelokasi untuk melihat dan rencananya akan diajukan kepada pemerintah provinsi. Tetapi, samapai saat ini belum ada realisasinya. Padahal peraoalan sangan urgen yang mengancam keselamatan jiwa,” tegasnya.

Ia menilai, pemerintah hanya Pemberi Harapan Palsu (PHP) kepada masyarakat yang berjanji akan mempioritaskan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) untuk meminimalisir terjadinya bencana longsor susulan di wilayah tersebut.

“Pemerintah hanya PHP, yang longsor beberapa tahun lalu saja tidak mendapatkan bantuan untuk kembali membangun TPT,” celotehnya.

Ia menambahkan, guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan pemerintah Kota Sukabumi harus dapat segera mengulurkan tangannya untuk kembali melakukan pembangunan TPT agar tidak ada longsor susulan.

“Kami harap, Pj Walikota bisa secepatnya mengucurkan bantuan untuk realisasi TPT ini,” pungakasnya.

(radar sukabumi/cr16)


loading...

Feeds

Masker dari arang mampu menngatasi masalah bekas jerawat di wajah./Foto: jpc

Begini Proses buat Masker Arang di Rumah

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Belakangan ini arang hitam banyak digunakan dalam beragam produk kecantikan karena kemampuannya untuk menghilangkan racun dari kulit. Banyak …