Relatif Minim Lowongan Kerja, Didominasi Perempuan, Pendidikan SMA?

Ilustrasi pencari kerja lokal

Ilustrasi pencari kerja lokal

POJOKJABAR.com, SUKABUMI– Jumlah pencari kerja di Kabupaten Sukabumi tak berbanding lurus dengan lowongan kerja. Bahkan relatif minim lowongan kerja.
Jumlah pencari kerja di Kabupaten Sukabumi sendiri mencapai 6.611 orang. Jumlah tersebut tercatat dalam permintaan kartu kuning ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi periode Januari hingga April 2018.”Dari semua itu, sebanyak 3.677 perempuan dan 2. 934 laki-laki,” ujar Kepala Seksi Pelayanan Antar Kerja Dalam dan Luar Negeri Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Tatang Arifin kepada RMOLJabar (Pojoksatu.id group), Jumat (18/5).

Baca:

Tatang mengatakan, jumlah pencari kerja tersebut didominasi oleh lulusan SLTA. Bahkan hampir 70 persen merupakan pencari kerja lulusan SMA.

“Banyak lulusan SLTA yang mencari. Makanya pencari kerja lulisan SLTA paling mendominasi dibanding lulusan lainnya,” ucapnya.

Dari semua pencari kerja tersebut, Disnakertrans Kabupaten Sukabumi baru menyalurkan sebanyak 946 pncari kerja. Sebanyak 718 perempuan dan 228 laki.

“Pencari kerja yang kami salurkan itu periode Januri hingga April,” ucapnya.

Menurutnya proses penyakuran tenaga kerja tahun ini relatif sedikit dibanding tahun lalu. Pasalnya, jumlah pencaru kerja tidak sebanding dengan lowongan kerja di Kabupaten Sukabumi.

“Pencari kerja banyak, tapi loker sedikit,” ungkapnya.

Pasalnya, sejumlah perusahaan di Kabupaten Sukabumi di tahun ini kurang menerima tenaga kerja baru. Kalaupun ada, sebagai pengganti tenaga yang keluar.

“Tidak ada yang membuka lowongan kerja besar-besaran. Makanya jumlah pencari kerja yang terserap relatif sedikit,” pungkasnya.

(nie/rmol/pojokjabar)


loading...

Feeds