Warga Ciaulpangkalan Sukabumi Dihantui Longsor Susulan

Longsor di Ciaulpangkalan rusak empat rumah warga

Longsor di Ciaulpangkalan rusak empat rumah warga

POJOKJABAR.com, SUKABUMI –– Bencana longsor landa Kampung Ciaulpangkalan RT6/14, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi Minggu (15/4/2018).

Akibatnya empat rumah warga tersebut mengalami rusak berat dan membutuhkan bantuan.

Ketua desa setempat, Amat Sobarna (73) menjelaskan, sedikitnya empat rumah mengalami rusak berat akibat longsor tersebut dan tujuh rumah lainnya terancam longsor. Bencana akibat selokan tersebut, ke tiga kalinya terjadi.

“Ini kejadian ke tiga kalinya di lokasi yang sama, sebelum selokan tersebut ditembok. Lalu, setelah sering terjadi longsor pemerintah berusaha menembok selokan agar tidak terjadi jebol. Eh baru sekitar tiga bulan sudah jebol lagi,” jelasnya.

Saat ini sambung dia, warga khawatir adanya longsor susulan. Pasalnya, debit air terus mengalir ke pemukiman warga yang berada di pinggiran tebing dengan ketinggian sekitar 10 meter.

Karena, tidak dipungkiri jika hujan terus mengguyur daerah tersebut bisa saja terjadi longsor susulan lantaran kondisi tanah sangat labih.

“Ya, kami khawatir apabila tidak secepatnya ditangani akan terjadi longsor susulan karena postur tanah disini sangat labil,” paparnya.

Sebab itu, warga meminta pemerintah terkait secepatnya memperbaiki selokan yang jebol itu, sehingga air tidak mengalir ke pemukiman warga lain. Sementara, meski tidak memakan korban jiwa namun kerugian disinyalir mencapai hingga ratusan juta.

“Kami harap, pemerintah secepatnya memperbaiki tembok selokan tersebut agar air tidak mengalir kepada pemukiman warga. Selain itu, juga bisa membantu warga yang terdampak akibat longsor ini karena kerugian mencapai ratusan juta,” pintanya.

(radar sukabumi/cr16)


loading...

Feeds

Rahmat Effendi-Tri Adhianto

Ini Program 100 Hari Kerja Rahmat-Tri

Kepala daerah terpilih periode 2018-2023 hasil rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, Rahmat Effendi-Tri Adhianto Tjahyono, telah menyusun …