Video Rock Balancing Agar Batu Bisa Tak Jatuh Ditumpuk, Begini Caranya

Seorang warga berswafoto dengan latar belakang batu bersusun di Sungai cibojong./Foto: Istimewa

Seorang warga berswafoto dengan latar belakang batu bersusun di Sungai cibojong./Foto: Istimewa

POJOKJABAR.com, SUKABUMI Balancing Art Indonesia atau Komunitas Balancing Art (Rock Balancing) baru-baru ini mulai dikenal masyarakat luas sebab viral karya mereka di Sungai Cibojong, Sukabumi. Sebagian warga mengaitkannya dengan hal mistis. Namun sudah dibantah oleh Kepala Dinas Pariwisata.

Balancing Art Indonesia atau Komunitas Balancing Art (Rock Balancing) adalah sebuah wadah, rumah dan galeri serta komunitas yang menampung segala jenis kreatifitas Balancing Art.

Para Balancer, panggilan untuk komunitas Rock Balancing, memahami bagaimana caranya menumpuk-numpuk batu tanpa terjatuh.

Seperti yang sudah disampaikan di Fanpage Facebook Rock Balancing Indonesia sebagai berikut:

“Posisi art jelas di bawah kepala. Tidak mengganggu perjalanan dan tidak merusak estetika yang ada. Karya seni ini di buat tidak untuk di sembah bahkan tidak dipersembahkan,” ungkapnya.

Berita terkait: Rock Balancing, Seni Cara Menumpuk Batu di Sungai Sukabumi

Balancer mengklaim memahami gravitasi yang menjadi bagian pembuatan batu bertumpuk ini.

“Jiwa kami masih sehat, logika kami berjalan bahkan kami terbiasa memahami gravitasi. Kami juga bekerja, kami juga berkarya lain. Kami juga bersosial, kami juga bersekolah,” ungkap mereka secara tertulis.

Dalam pembuatan batu bertumpuk itu, seorang Balancer memiliki etika ketika berkarya seni di setiap wilayah. Selain tidak merusak alam, tidak membahayakan dan tidak merusak estetika yang sudah ada.

“Eleman alam yang saling berhubungan satu sama lain. Jika salah satunya terganggu maka yang lainnya akan bermasalah,” tulis  Rock Balancing Indonesia mempertegas.

(mar/sta/pojokjabar)


loading...

Feeds

Harkitnas

Pemkot Bekasi Peringati Harkitnas 2018

PENJABAT (Pj) Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah menjadi Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-110 tahun 2018, Senin, (21/5/2018) di Alun-Alun …