Catat! Ini Jadwal Penetapan Rute Trayek Angkutan Online di Kota Sukabumi

Ilustrasi Transportasi Online

Ilustrasi Transportasi Online

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Pasca Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, mengajukan rute dan pembatasan kuota angkutan online di Kota Sukabumi.

Kini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menetapkan kuota dan wilayah operasi angkutan online untuk Sukabumi. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Sukabumi Abdul Rachman menjelaskan, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jabar Nomor 550/Kep.1064-Dishub/2017 tentang penetapan wilayah operasi dan rencana kebutuhan angkutan sewa khusus di Jabar.

Kuota angkutan online di wilayah Kota Sukabumi ditetapkan sebanyak 485 kendaraan untuk roda empat. Sedangkan untuk kendaraan roda dua, belum ada pengaturan. Karena tidak termasuk angkutan umum.

Selain kuota, keputusan itu juga mengatur wilayah operasi angkutan online yang meliputi Kota dan Kabupaten Sukabumi serta Kabupaten Cianjur dalam satu wilayah.

“Kami berupaya memfasilitasi pengajuan sopir angkot beberapa waktu lalu untuk mengajukan pembatasan kuota dan rute angkutan online,” kata Abdul Rachman kepada Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar), Kamis (11/1/2018).

Gubernur menurutnya, mengakomodir usulannya tersebut. Sehingga, surat keputusan penetapan kuota dan rute trayek angkutan online telah ditetapkan dan akan diberlakukan dari mulai 1 Februari 2018 mendatang.

Daerah operasionalnya, meliputi tiga daerah sementara penumpang maupun penyedia aplikasi tidak diperbolehkan melanggar ketentuan yang akan diberlakukan ke depannya.

“Terlebih dulu kami akan melakukan sosialisasi tentang pengaturan ini kepada setiap penyedia apilikasi angkutan online,” imbuhnya.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar para pengusaha penyedia aplikasi dapat mengetahui dan mentaati ketentuan yang tercantum pada keputusan pemerintah. Ketika peraturan sudah diberlakukan, penyedia aplikasi angkutan online harus memenuhi sembilan item.

“Semisal, wajib KIR, berbadan usaha, tanda khusus pada setiap kendaraannya dan memiliki dashboard,” jelasnya.

Seperti, yang diatur diatur dalam Permen Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum tidak Dalam Trayek.

“Parapengusaha harus mempersiapkan kelengkapan sembilan item tersebut dari sekarang agar pada saatnya nanti semuanya sudah dilengkapi,” pungkasnya.

(radar sukabumi/Cr16)


loading...

Feeds