Ada Terobosan Baru Pembuatan SIM di Satlantas Polres Kota Sukabumi

LAYANAN: Sejumlah polisi mengecek gedung baru yang dimiliki Sat Lantas Polres Sukabumi Kota di Jalan Ahmad Sanusi, Kota Sukabumi, kemarin (10/1).

LAYANAN: Sejumlah polisi mengecek gedung baru yang dimiliki Sat Lantas Polres Sukabumi Kota di Jalan Ahmad Sanusi, Kota Sukabumi, kemarin (10/1).

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kota Sukabumi mulai mengefektifkan penggunaan gedung baru di Jalan Ahmad Sanusi, Kota Sukabumi, Rabu (10/1/2018).

Dengan gedung baru itu, diharapkan bisa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Seperti pembuatan SIM dan urusan tilang. Bahkan saat ini, masyarakat di luar wilayah hukum Polres Sukabumi Kota bisa membuat SIM.

Tak hanya itu, guna memerangi calo kini diterapkan sistem satu pemohon satu identitas serta kamera CCTV di semua sudut gedung.

“Kami juga menyediakan layanan gratis untuk memberikan pelayanan kepada para pemohon SIM saat antre,” kata Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota, AKP Agoeng Ramdani.

Terobosan tersebut diberlakukan sejak awal 2018, Polresta Sukabumi membuka pelayanan pembuatan SIM ini bisa dilakukan secara online.

“Per 8 Januari 2018, untuk penerbitan SIM baru dan perpanjangan sudah bisa dilayani secara online seluruh Indonesia,” jelasnya.

Sehingga lanjut Agoeng, warga yang berdomisili di luar Kota Sukabumi bisa membuat maupun memperpanjang SIM di Polresta Sukabumi Kota. Masyarakat bisa membuat SIM secara online, dengan persyaratan yang sudah ditentukan. Seperti, bagi pemohon SIM baru wajib melampirkan e-KTP asli dan fotokopi.

“Selain itu, pemohon harus melampirkan surat keterangan kesehatan dari dokter,” paparnya. Dengan adanya pembuatan SIM online ini, masyarakat Kota Sukabumi yang tengah berada di luar daerah dapat membuat SIM di luar Kota Sukabumi, begitupun sebaliknya.

“Di hari pertama sedikitnya 150 pembuatan dan perpanjangan SIM telah masuk ke data online, kelebihannya orang yang punya e-KTP di luar Sukabumi bisa perpanjang di sini, semua polres sudah memberlakukannya,” ujarnya.

Gedung baru Satlantas Polres Sukabumi Kota menghadirkan pojok baca yang menyiapkan beberapa buku, kopi dan teh secara gratis. Tak hanya itu, akses internet gratis tak terbatas dan dua unit komputer pun disiapkan untuk masyarakat yang menunggu pelayanan.

“Jadi, jika yang menunggu bisa main games dan melanjutkan pekerjaannya ketika menunggu pelayanan,” tutupnya.

(radar sukabumi/Cr16)


loading...

Feeds