Desa Pasirhalang Sukabumi Sulap Limbah Jadi Rupiah

KREATIF : Seorang tim Penggerak PKK Desa Pasirhalang tengah menunjukan sejumlah kreatifi tas warganya yang berhasil mengubah limbah koran menjadi kerajinan rumah yang bernilai jual tinggi

KREATIF : Seorang tim Penggerak PKK Desa Pasirhalang tengah menunjukan sejumlah kreatifi tas warganya yang berhasil mengubah limbah koran menjadi kerajinan rumah yang bernilai jual tinggi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, Sukabumi berhasil mengubah limbah koran menjadi kerajinan rumah yang bernilai jual tinggi.

Upaya kreatifitas pemerintah desa yang berada di Jalan Raya Sukaraja- Sukalarang ini, layak menjadi inspirasi bagi siapa saja yang mau mengubah nasib.

“Limbah koran tersebut saya jadikan bahan baku untuk membuat tempat tisu, tempat minuman gelas mineral, vas bunga,” jelas Kepala Desa Pasir Halang, Yusuf Purnama.

Menurut Yusuf, usaha membuat kerajinan rumah tangga dari limbah koran bekas tersebut sudah ia geluti sejak beberapa tahun terakhir. Usaha itu berawal dari program inovasi kampung gerakan sayangi sampah yang dipelopori tim penggerak Pemberdayaan, Kesejahteraan dan Keluarga (PKK) Desa Pasir Halang.

“Alhamdulillah, Desa Pasirhalang berhasil terpilih mewakili Kabupaten Sukabumi sebagai desa model pelaksanaan desa binaan 10 program PKK dalam lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat, yang diselenggarakan pada beberapa bulan yang lalu. Sebenarnya, diwilayah kami banyak tumpukan sampah dan kertas koran di sekitar rumah. Dari situ saya berinisiatif memberdayakan sampah tersebut, sebagai potensi desa,” bebernya.

Dari bahan bekas koran ini, sambung Yusuf, Desa Pasirhalang telah membina masyarakat untuk membuat sejumlah replika seperti motor, becak, perahu, bingkai foto, tempat tisu, tong sampah, tempat buahbuahan, tempat pensil hingga lampu hias dengan menggunakan bahan dasar koran bekas.

“Untuk itu, kami terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan limbah sampah berupa koran bekas disulap menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilak rupiah,” imbuhnya.

Kreatifitas pengolahan limbah koran bekas ini, dilakukan oleh pemerintah Desa Pasirhalang, diharapkan selain dapat meraih prestasi unggul juga diharapkan dapat menjadi pendorong BUMdes agar lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Desa Pasirhalang, selain mengubah koran bekas menjadi berbagai barang kerajinan rumah tangga, juga telah mengubah limbah plstik untuk dijadikan tas dan, taolak meja dan lainnya. Alhamdulillah kreatifitas warga disini selain dapat uang, juga bisa berkembang dan belajar membuat berbagai barang yang layak jual,” pungkasnya.

(radar sukabumi/cr13)


loading...

Feeds