Satgas Pangan Kabupaten Sukabumi Awasi Pedagang Nakal

Tim Satuan Petugas (Satgas) Pangan Kabupaten Sukabumi saat melakukan inpeksi mendadak (sidak) di PSM Cibadak.

Tim Satuan Petugas (Satgas) Pangan Kabupaten Sukabumi saat melakukan inpeksi mendadak (sidak) di PSM Cibadak.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Sukabumi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Semi Modern Cibadak, Rabu (13/12/2017).

Mereka mengecek harga dan ketersediaan pangan dalam persiapan libur panjang akhir tahun.

Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi menjelaskan, setelah melakukan pemeriksaan dibeberapa kios, harga maupun ketersediaan pangan sampai saat ini masih relatif stabil.

“Pemantauan ini untuk mengecek harga Sembako di pasaran. Secara umum, harga-harga masih relatif normal, meskipun ada beberapa komoditi yang harganya mulai naik namun tidak,” jelasnya.

Tim Satgas pangan, sambung mantan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara ini, tidak akan segan-segan menindak spekulan atau pedagang nakal yang menaikan harga tanpa aturan.

“Selain mengecek ketersediaan dan harga, kami juga mengingatkan para pedagang supaya tidak menaikan harga menjelang akhir tahun ini tanpa alasan yang jelas,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (DKP-UKM), Asep Japar memastikan, untuk stok Sembako menjelang natal dan tahun baru di Kabupaten Sukabumi aman. Bahkan, stok pangan pokok hingga tahun 2018 juga cukup melimpah.

“Kita sudah rapat bersama dengan kepolisian dan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk melakukan pengawasan di pasar. Ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga ke depan,” ujarnya.

Pedagang daging sapi, Ujang Nasihin (54) menambahkan,harga d aging sapi saat ini relarif stabil, yakni diangka Rp110 ribu per kilogram.

“Sampai sekarang masih normal,” singkatnya.

Sementara hasil pantauan di lokasi, harga daging ayam mengalami kenaikan sebesar Rp2 ribu, dari sepekan lalu per kilogramnya Rp30 ribu, kini menjadi Rp32 ribu.

Begitupun harga telur, dari sebelumnya Rp25 ribu kini menjadi Rp28 ribu per kilogramnya. Adapun harga sayuran cenderung stabil. Misalnya, harga tomat dan wortel harganya Rp5 ribu, sejumlah pedagang memperkirakan kenaikan permintaan diperkirakan terjadi mulai pekan depan atau sekitar tanggal 20 Desember.

(radar sukabumi/cr15/d)


loading...

Feeds