Kerusakan DAS Jadi Penyebab Bencana di Kabupaten Sukabumi

AMBLAS: Salah satu bencana yamg terjadi di Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi beberapa waktu lalu.

AMBLAS: Salah satu bencana yamg terjadi di Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi beberapa waktu lalu.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kabupaten Sukabumi menjadi satu diantara pemicu bencana.

Sebab, kerusakan yang diakibatkan oleh perbuatan orang yang tidak bertanggungjawab tersebut dapat mendatangkan bencana banjir dan longsor.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman mengatakan, rusaknya DAS menjadi satu diantara penyebab datangnya bencana banjir dan longsor dengan ditandai semakin banyaknya alih fungsi lahan hutan alam yang menopang DAS.

“Saya amati kerusakan DAS sudah mulai kritis, alih fungsi lahan hutan alam yang dijadikan lahan pertanian, perumahan, industri tidak begitu memperhatikan konservasi alamnya,” jelasnya kepada Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar), Kamis (23/11/2017).

Tidak hanya itu, aktivitas pertambangan mineral yang tidak memperhatikan lingkungan juga menjadi alasan DAS tidak terpelihara.

“Baiknya berbagai aktivitas dan alih fungsi lahan harus memperhatikan konservasi alamnya. Termasuk kawasan hutan maupun pesisir,” ucapnya.


loading...

Feeds