Pemda Kota Sukabumi Siap Berikan Bonus Modal untuk Petani, Asalkan…

ilustrasi

ilustrasi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI- Pemda Kota Sukabumi akan memberikan bonus berupa pinjaman modal bagi para petani. Asalkan, mereka tidak mengalih-fungsikan lahan pertaniannya menjadi pemukiman atau pun kawasan lainnya.

Program pemberian pinjaman modal tersebut merupakan strategi baru yang digulirkan pemerintah daerah dalam upaya mempertahankan luas lahan pertanian yang kian menyempit. Kondisi ini merupakan dampak dari pesatnya pembangunan daerah sepanjang empat tahun terakhir.

Selain akan mendapatkan pinjaman modal bersifat bantuan lunak, petani yang tetap menjaga fungsi lahan pertanian tersebut juga akan memperoleh bonus lainnya berupa pemberian subsidi benih, pupuk, pelatihan hingga Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Khusus untuk pinjaman modal, petani bisa menghubungi BMT dan BPR Kota Sukabumi.

Disebutkan Muraz, salah satu program pembangunan yang bakal memicu terjadinya penurunan luas lahan pertanian itu diantaranya adalah pembangunan Jalan Tol Bogor – Ciawi- Sukabumi.

“Kedepannya, kebutuhan lahan akan semakin tinggi untuk dimanfaatkan berbagai program pembangunan,” ujar Muraz saat menghadiri sosialisasi program Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B), Selasa (14/11/2017).

Ironisnya, lanjut Muraz, pemerintah daerah tidak memiliki lahan pertanian yang cukup luas untuk memenuhi kebutuhan pembangunan tersebut.


loading...

Feeds