Waduh… KPU Kota Sukabumi Temukan Ratusan Keanggotaan Ganda Partai Politik

KPU Kota Sukabumi

KPU Kota Sukabumi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menemukan sekitar kurang lebih 600 keanggotaan ganda partai politik. Hal tersebut ditemukan KPU, melalui Sistem Informasi Politik (Sipol) pada tahap verifikasi administrasi partai politik calon peserta pemilu 2019 mendatang.

“Dalam tahapan verifikasi adminitrasi, kami menemukan ratusan keanggotaan ganda. Lalu kita lakukan penelitian administrasi kepalangan, menanyakan langsung kepada anggota yang diduga ganda,” ujar Anggota Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Sukabumi, Dedi Setiadi saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/11/2017).

Dijelaskan Dedi, dimaksud keanggotaan ganda adalah salah seorang anggota partai memiliki kartu tanda anggota mencapai dua hingga tiga partai yang berbeda-beda. Untuk itu, sesuai dengan perintah KPU RI harus dilaksanakan verifi kasi adminitrasi diantaranya pengecekan ke gandaan internal dan ekternal.

“Satu orang itu bisa ada di dua atau tiga partai berbeda. Tapi kebanyakan sih satu orang ada di dua partai berbeda,” lanjutnya.

Dalam setiap partai itu, jumlah kenganggotaan ganda berbedabeda. Namun memang kalau secara keseluruhan, jumlahnya cukup besar juga.

“Kami saat ini masih melakukan penelitian adminitrasi kelapangan, belum kepada verifi kasi faktual. Kalau faktual itu lebih terperinci sampai diperiksa pengurus partai hingga sekretariatnya,” kata Dedi.


loading...

Feeds