Bendungan Embah Dalem Jebol, Perekonomian Warga Karadenan Sukabumi Terancam Lumpuh

AMBRUK: Inilah kondisi terakhir yang terjadi pada Bendungan Embah Dalem yang ada di Sungai Cibaraja di Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan

AMBRUK: Inilah kondisi terakhir yang terjadi pada Bendungan Embah Dalem yang ada di Sungai Cibaraja di Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Bendungan Embah Dalem Sungai Cibaraja yang berlokasi di Kampung Karadenan, Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, ambruk didera air sungai yang meluap akibat tingginya curah hujan, beberapa waktu terakhir.

Akibat kejadian tersebut, kebutuhan irigasi bagi areal persawahan serta pengairan bagi usaha kolam ikan milik warga di tiga wilayah rukunan warga (RW) terancam lumpuh.

Terlebih lagi tidak sedikit dari warga memanfaatkan aliran sungai tersebut sebagai sumber pemenuhan kebutuhan air sehari-hari. Ujang Fahrudin (50), salah seorang warga mengutarakan pasca kerusakan pada Bendungan Embah Dalem, debit air pada selokan yang menjadi sarana utama penyaluran air dari Sungai Cibaraja menyusut secara drastis.

Kondisi itu, mengakibatkan sebagian besar areal pertanian seperti sawah maupun kolam ikan berpotensi mengalami kekeringan. Ujang menduga kerusakan pada infrastruktur penunjang pengelolaan sumber daya air tersebut akan berimbas pada perekonomian warga.

“Jelas sekali, usaha warga akan menemui kesulitan. Sebab air menjadi kebutuhan utama sebagai irigasi sawah maupun sumber pengairan koam ikan,” kata Ujang kepada Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar.com), Senin (13/11).


loading...

Feeds