Proyek Jalan Tol Bocimi Paksa Pemda Kota Sukabumi Rombak RTRW

Pembangunan Tol Bocimi

Pembangunan Tol Bocimi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Proyek pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi Bocimi) yang saat ini tengah dalam pengerjaan, telah memaksa Pemda Kota Sukabumi untuk mengambil langkah cepat dalam merubah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Hal tersebut penting dilakukan sebagai langkah penyesuaian antara perwajahan daerah dengan program pembangunan nasional.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi Rudi Juansyah menjelaskan ada sejumlah pertimbangan yang didasari kajian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tentang dampak pembangunan jalan tol terhadap tata kota pada wilayah Kota Sukabumi.

“Hasilnya menunjukan bahwa pemerintah daerah harus segera melakukan penyesuaian dengan cara melakukan revisi atau perubahan pada RTRW. Perubahan tersebut lebih diutamakan pada penataan lintasan sesuai dengan kajian dinas perhubungan,” terang Rudi, Kamis (2/11/2017).

Rudi mengaku saat ini kelembagaanya tengah mempersiapkan kajian untuk lima tahunan yang akan disusun oleh kepala daerah priode mendatang. Selanjutnya hasil kajian itu menjadi salah satu landasan untuk menentukan arah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

“Pada dasarnya rencana pembangunan untuk lima tahun kedepan sudah tertuang dalam RPJPD. Namun untuk mewujudkannya diperlukan sentuhan strategi serta kebijakan walikota yang baru hasil Pilkada 2018 mendatang,” kata Rudi.


loading...

Feeds