KPU Jabar: Sekarang, Usia 17 Tahun Bisa Jadi Anggota PPK dan PPS

Anggota Komisioner KPU Jawa Barat, Divisi Sosialisasi partisapasi masyarakat dan SDM Nina Yuningsih saat melakukan sosialisasi pembentukan PPK dan PPS di salah satu hotel di Kabupaten Cianjur

Anggota Komisioner KPU Jawa Barat, Divisi Sosialisasi partisapasi masyarakat dan SDM Nina Yuningsih saat melakukan sosialisasi pembentukan PPK dan PPS di salah satu hotel di Kabupaten Cianjur

POJOKJABAR.com, SUKABUMI — Berdasarkan aturan sebelumya bahwa usia untuk menjadi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) minimalnya 25 tahun, kini berdasar aturan baru yang tertuang dalam Undang-undang No. 7 tahun 2017 syarat usia minimal menjadi anggota PPK dan PPS menjadi 17 tahun.

“Memang sebelumnya aturannya mengacu UU nomor 10 2016 usia minimalnya 25 tahun.

Tapi kali ini mengacu kepada UU nomor 7 2017 usia minimal 17 tahun dipersilahkan untuk mengikuti proses pendaftaran,” ujar Anggota komisioner KPU Kota Sukabumi Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Sri Utami usai mengikuti acara sosialisi pembentukan PPK dan PPS oleh KPU Jawa Barat di salah satu Hotel di Kabupaten Cianjur, rabu (11/10/17).

Setelah ada sosialisasi dari KPU Jawa Barat itu, kata Sri Utami tentunya KPU Kota langsung melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik itu melalui media massa, penempelan spanduk disetiap wilayah, juga melalui media sosial.

“Besok (hari ini red) kita akan serentak melakukan pembukaan pengumuman, agar masyarakat bisa mengetahui secara meluas,” akunya.

Pendaftaran rekrutmen PPK mulai 13 Oktober sampai 16 Oktober mendatang sedangkan untuk PPS 13 Oktober sampai 20 Oktober. Batas minimal jumlah pendaftar di setiap PPK sebanyak 10 orang.

Lima orang yang terpilih akan dilantik setelah dinyatakan lulus. Sementara lima orang lainnya dicadangkan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu diperlukan pergantian antarwaktu (PAW). “Setiap calon PPK akan melalui berbagai tahapan seleksi, seperti administrasi, tes tulis, dan wawancara,” jelasnya.



loading...

Feeds

persikad-depok

Persikad Depok Turun Kasta ke Liga 3

POJOKJABAR.com, DEPOK – Persikad Depok bak jatuh tertimpa tangga. Setelah kepemilikannya berpindah-pindah, informasi teranyar tim berjuluk Serigala Margonda itu terdegradasi …