Poros Baru di Pilgub Jabar 2018 Bisa Berefek ke Daerah

Pilgub Jabar.

Pilgub Jabar.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Koalisi poros baru di Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) antara Demokrat , Gerindra, PPP dan PAN, nampaknya berpeluang terjadi sampai ke tingkat daerah seperti halnya di Kota Sukabumi.

Apalagi saat ini, antara PAN dan PPP sudah membentuk koalisi bersama bernama Masagi. Berarti, tinggal langkah Demokrat dan Gerindra apakah akan bersatu ataupun tetap dengan koalisi yang sudah dibangun saat ini seperti Demokrat-PKS dan Gerindra-Hanura.

Menanggapi hal itu, Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet mengatakan, peluang untuk mengikuti alur politik Jabar di Kota Sukabumi memang bisa saja terjadi. Tapi tentu saja bisa juga tidak. Koalisi poros baru di Pilgub itu tentunya bisa terjadi jika memang kondisi di daerah memungkinkan.

“Ya mungkin bisa mungkin tidak (koalisi). Bisanya kalau memang komunikasi yang dibangun itu mencapai kesamaan dan kesepakatan, bisa terjadi. Tapi kalau pun arah politik di daerah dengan partai tersebut tidak sejalan, tidak mungkin dipaksakan,” jelas Ima.

Apalagi untuk PPP Kota Sukabumi sendiri, sudah diberikan keleluasaan oleh DPW dan DPP untuk menentukan arah koalisi berdasarkan kondisi di wilayah. Saat ini, PPP yang tergabung dalam koalisi Masagi sedang melakukan penjajakan ke setiap partai. “Kami diberi keleluasaan. Kalaupun memang saat ini komunikasi yang dibangun itu bagus, ya bisa saja terjadi seperti di Pilgub,” lanjutnya.

Memang kalaupun harus sejalan dengan Pilgub kata Ima, itu akan sejalan dengan kepentingan Pilgub. Jadi partai tidak begitu banyak melangkah antara kepentingan Pilwakot dan Pilgub. “Kalau searah dan sejalan sih memang ga usah kesana kesini dalam pemenangan Pilgub. Tapi memang tidak bisa dipaksakan,” tutur Ima.



loading...

Feeds