Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Terjunkan Tim Lakukan Monitoring Terkait Kecelakaan Kerja di PT SCG

PT SCG Sukabumi FOTO: DASEP/RADARSUKABUMI

PT SCG Sukabumi FOTO: DASEP/RADARSUKABUMI

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Pasca peristiwa kecelakaan kerja di PT Siam Cemen Group (SCG) yang menimpa Mustafa (24) warga Kampung Perum Parakanlima, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar akibat dari ledakan ruang batu bara, menuai perhatian dari berbagai element.

Seperti halnya, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi. Pihaknya mengaku akan menerjunkan tim untuk melakukan monitoring perihal terjadinya kecelakaan kerja di perusahaan asal Th ailand tersebut.

Sekertaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, Ali Iskandar mengaku, pihaknya akan segera melakukan konfirmasi dan mengklarifi kasi terkait kejadian tersebut. Hal itu sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah dalam mengetahui secara pasti peristiwa kecelakaan kerja tersebut.

“Saya akan segera menyambangi PT SCG untuk mengetahui peristiwa yang sebenarnya. Karena hal ini perlu dilakukan, apa peristiwa kecelakaan kerja itu karena murni dari musibah, atau karana dari kelalaian pekerjanya sendiri,” jelas Ali saat disambangi Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group) di ruang kerjanya, jumát (15/9/17).

BACA JUGA: PT SCG di Kabupaten Sukabumi Makan Korban

BACA JUGA: Asap Pabrik Semen PT SCG Bikin Warga Desa Kebonmanggu Kabupaten Sukabumi Gatal-gatal

Akibat persitiwa tersebut, sambung Ali, PT SCG harus memiliki sebuah prosedur tetap (protaf) dan terdapat beberapa tahapan yang harus di tempuh. Terutama ditujukan terhadap personal pekerja dan peraturan perushaaan terkait Perjanjian Kerja Bersama (PKB) tentang kepatuhan bekerja.

BACA JUGA : ‘Wabah’ Gatal-gatal Akibat Asap dari Kegiatan PT SCG Sukabumi Meluas

“Jadi nanti saat dilakukan monitoring, apakah korban itu memang sudah mengikuti prosedur minimal dalam bekerja atau tidak kalau itu berkaitan dengan kesalah bekerja. Akan tetapi, kalau itu kesalahan dari perusahaan, kami akan melakukan pembinaan dari sisi managementnya,” tandasnya.


loading...

Feeds