Hewan Kurban di Kabupaten Sukabumi Diprediksi Meningkat

SIAP-SIAP: Salah satu penjual hewan korban tengah memberikan pakan hewan kurban menjelang Idul Adha.  Dok Radar Sukabumi

SIAP-SIAP: Salah satu penjual hewan korban tengah memberikan pakan hewan kurban menjelang Idul Adha. Dok Radar Sukabumi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini diprediksikan meningkat 10 persen dari jumlah tahun sebelumnya. Penyebabnya yakni meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjalankan amalan saleh dibulan kurban ini.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Siteriner, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Winda Sri Rahayu menjelaskan, peningkatan tersebut berdasarkan hewan kurban yang terdata dan diperiksa Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi.

“Pada tahun kemarin, jumlahnya diangka 27.393 ekor. Kemungkinan besar, tahun ini meningkat sampai 10 persen atau diangka 30.132 ekor. Ini karena kesadaran masyarakat kita dalam menjalan ibadah kurban meningkat,” ujarnya kepada Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group), Rabu (23/08/2017).

Dari pengalaman tahun sebelumnya, lanjut Winda, jumlah 27.393 ekor hewan kurban yang terdata itu didominasi hewan jenis domba. Selanjutnya disusul dengan jumlah kambing dan sapi. “Dari harga mungkin domba dan kambing lebih murah dibandingkan sapi.

selain itu, peternak domba dan kambing lebih banyak,” sebutnya. Sedangkan untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan hewan kurban di Kabupaten Sukabumi, Winda mengaku telah menerjunkan tim pemeriksa yang disebar ditujuh kecamatan eks-kewadanaan.


loading...

Feeds