Tetap Aman Meskipun 29 Kali Wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi Digoyang Gempa

Grafis data gempa di sukabumi selama tahun 2017

Grafis data gempa di sukabumi selama tahun 2017

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Selama 2017, sedikitnya 29 kali wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi digoyang gempa bumi. Jumlah tersebut tercatat di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi sejak Januari hingga Juli.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Hanafe Zain menyebutkan, untuk kejadian gempa itu tidak menimbulkan kerugian serta korban jiwa di wilayah Kota Sukabumi. lantaran gempa yang paling besar hanya sampai 5,2 Skala Ricter (SR).

“Data titik gempa di Sukabumi (Kota dan Kabupaten red) itu memang terjadi sampai 29 kali. Tapi alhamdulillah aman,” kata Hanafi e kepada Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group), Minggu (16/07/2017).

Lanjut Hanafi e, terjadinya gempa yang tergolong kerap melanda wilayah Sukabumi ini lantaran Sukabumi berada di Sesar atau Patahan Cimandiri yang bentangannya itu dari teluk Palabuhanratu hingga selatan Kota Sukabumi.

Akibatnya, wilayah Sukabumi tergolong rawan bencana gempa. Kendati dinilai masih aman, namun pria yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi itu, mengimbau agar masyarakat Kota Sukabumi untuk tetap waspada.

Ia juga mengklaim, pihaknya mulai dari pemerintah tingkat kelurahan, kecamatan dan para relawan BPBD siap siaga dalam menjaga serta menindaklanjuti setiap potensi bencana.

Baik dari mulai langkah pencegahan, penanganan serta tindak lanjut dari pasca bencana tersebut. “Tim kita di lapangan sudah sigana 24 jam. Makanya, potensi bencana sekecil apapun segera laporkan kepada kita,” pintanya.

(radar sukabumi/Cr5/d)


loading...

Feeds