Kampung Gedong Panjang Dideklarasikan Jadi Kampung Kreatif di Kota Sukabumi

UNIK: Lukisan hasil karya masyarakat di Warga RW 06 Gang Gempar Kelurahan Gedongpanjang Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.
FOTO: DASEP/RADARSUKABUMI

UNIK: Lukisan hasil karya masyarakat di Warga RW 06 Gang Gempar Kelurahan Gedongpanjang Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. FOTO: DASEP/RADARSUKABUMI

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Keberadaan Kampung kreatif di wilayah Kota Sukabumi terus bertambah. Kali ini, Warga RW 06 Gang Gempar Kelurahan Gedongpanjang Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi mendeklarasikan diri sebagai kampung kreatif.

Pasalnya, mayoritas rumah di beberapa gang di kampung itu disulap dengan coretan dan goresan dengan ornamen lukisan dengan berbagai warna yang terpampang indah menghiasi gang gempar itu.

Pantawan Radar Sukabumi di lapangan, lukisan hasil buah tangan warga dan para pemuda sepanjang 400 meter kiri dan kanan mulai dari tembok, pot kembang, Mandi Cuci Kaktus (MCK) dan pos kamling serta bangunan-bangunan setrategis lainnya di kampung itu.

“Ide tersebut berawal dari obrolan ringan sesama warga beserta pemuda dan kebetulan saya pribadi punya bakat melukis. Meskipun tidak seindah yang dibayangkan,” ungkap Perwakilan Warga yang juga Penggagas Kampung Kreatif Seni Lukis, Isman Rahardian (43) kepada Radar Sukabumi, Jumat (19/5/2017).

Melalui konsep itu, kata Isman, rencananya kampungnya itu akan dijadikan sebagai objek wisata yang nantinya dapat dikunjungi oleh masyarakat banyak di Kota Sukabumi.

Sejauh ini proses pengerjaan tersebut baru 60 persen dari target yang ditentukan. Pasalnya, hasil karya warga yang baru berjalan dua pekan tersebut memakai konsep dekoratif dengan tambahan ornamen- ornamen dengan menggunakan dana pribadi seadanya.

“Kalau ini sudah ramai, pengunjung nanti dapat selfi. Soalnya, ini menggunakan anggaran donatur,” katanya.

Isman mengaku, sebelum kampung itu mendeklarasikan diri sebagai kampung kreatif. Awalnya, tidak semua warga di kampungnya itu mengapresiasinya.

Namun, dengan konsistensinya, masyarakat mulai memberikan dukungan. Bahkan masyarakat ikut andil dalam kratifitasnya itu.

Dengan dukungan warga itulah membuat ia dan rekan0rekannya para pelukis bersemangat mengambar yang menarik di lingkungannya.

“Intinya, bagaimana mengajak masyarakat untuk terlibat serta merubah fasilitas umum terasa nyaman. Apa yang saya bisa berikan untuk tanah kelahiran saya lakukan. Soalnya, ini kontribusi positif untuk masyarakat serta secara tidak langung memberikan diklat kepada generasi selanjutnya,” ucapnya.

Sementara itu, Sekreatris Daerah Kota Sukabumi, Hanafie Zain mengaku mengapresiasi atas adanya kampung kretaif yang sudah dibuat oleh masyarakat disemua daerah di wilayah Kota Sukabumi.

Secara tidak langung sudah membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi dalam penataan kawasan yang nyaman serta terbebas dari kehumuhan.

“Itu sangat bagus, saya sangat mendukungnya. Soalnya, penataan penuntasan kawasan hukum dapat dilakukan dengan konsep itu. Karena bangunan yang tadinya usang, bisa bagus dengan lukisan yang dibuat oleh masyarakat di kampung itu,” terangnya.

(cr5)



loading...

Feeds

MATERIAL BERKELAS: Confero S siap bersaing dengan Avanza CS di segmen low multi purpose vehicle.

Wuling Confero S Begitu Menggoda

Kepala Cabang Wuling Motors, Agustinus Rio mengatakan, tentunya setiap merek punya pertimbangan masing-masing untuk menentukan harga jual.