Usut Tuntas Dugaan Korupsi Koperasi Bina Usaha Sukabumi Senilai Rp 38.7 Miliar

DAFTAR PELAKU : Salah satu jaksa saat menunjukan nama-nama terduga pelaku yang sudah dibekuk di Kantor Kejaksaan Negeri Sukabumi, Kamis (18/5/2017).

DAFTAR PELAKU : Salah satu jaksa saat menunjukan nama-nama terduga pelaku yang sudah dibekuk di Kantor Kejaksaan Negeri Sukabumi, Kamis (18/5/2017).

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Dugaan korupsi dana pinjaman kredit oleh Koperasi Bina Usaha (KBU) senilai Rp 38,7 miliar dari bank plat merah di Kota Sukabumi, terus disasar.

Setelah sebelumnya sejumlah oknum pengurus koperasi diciduk, kini giliran sejumlah penjabat teras baik dari perbankan pusat dan Kota Sukabumi berhasil ditahan oleh Kejaksaan Negeri (kejari) Kota Sukabumi.

“Sebenarnya kasus ini penyidikannya dilakukan oleh Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri dan Kejagung. Karena lokasi perbankannya ada di wilayah Kota Sukabumi, jadi dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Sukabumi,” ujar Kepala Seksi Pidana Khusus, Kejari Sukabumi, Dede Sutisna saat ditemui diruang kerjanya, kemarin .

Keenam tersangka mantan penjabat teras tersebut telah diamankan di Rutan Kelas I Kebonwaru Bandung. Mereka ditahan selain dikhawatirkan akan melarikan diri, juga untuk mempermudah proses persidangan.

“Penahanan itu atas dasar dari surat Kejari Sukabumi, karena saat ini sudah menjadi kewenangan kami,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil penyidikan, proses pengambilan keputusan terhadap fasilitas kredit yang diberikan oleh bank tersebut tidak sesuai dengan aturan dan bertentangan dengan beberapa surat keputusan direksi bank plat merat itu.


loading...

Feeds