Unsur Desa Dukung Promosi Geoapark Ciletuh Sukabumi

Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi

Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi

Menurut Dudi, sebagai daerah yang dekat dengan kawasan Geopark Ciletuh, Desa Waluran dinilai akan ketinggalan, jika peran serta pemerintah setingkat desa maupun kecamatan tidak ikut serta mendorong maupun mempromosikan setiap potensi, baik alam maupun kebudayaan.

“Kita ini daerah perlintasan. Beda dengan Ciletuh yang dimiliki Ciemas dipastikan akan lebih tertarik untuk singgah,” ungkapnya.

Untuk menjawab itu, menurut Ojeh sapaan akrab Dudi Rusdiaman, pihaknya bersama unsur kepala desa se-Kecamatan Waluran akan menyelenggarakan event yang bersifat seremonial.

Salah satunya membuat bangunan khusus untuk menjajakan kuliner dan kerajinan tangan hasil karya warga masyarakat.

“Kita kemarin sudah buat event festival, untuk mendongkrak ekonomi warga kita juga siapkan tempat, yang nantinya juga akan dibuatkan peta khusus untuk menggambarkan setiap potensi yang ada di wilayah,” akunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Sukabumi Dana Budiman menjelaskan, antusias pemerintah desa untuk mempromosikan kawasan Geopark perlu di apresiasi.

Hal ini, bukti bahwa upaya promosi sudah terintegrasi terhadap masyarakat yang ada di daerah pedesaan.

“Tujuannya jelas, bagaimana semua stake holder peduli terhadap pengembangan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu,” tandasnya.


loading...

Feeds