Antisipasi Banjir, Fahmi Imbau Warga Sukabumi Membuat Biopori

Wakil Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi bersama warga membuat biopori di sekitar Balcony, Kota Sukabumi, Kamis (18/5/2017).
FOTO: DIANA/RADARSUKABUMI

Wakil Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi bersama warga membuat biopori di sekitar Balcony, Kota Sukabumi, Kamis (18/5/2017). FOTO: DIANA/RADARSUKABUMI

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Hingga kini jika intensitas curah hujan tinggi, wilayah Kota Sukabumi masih kerap terendam banjir.

Untuk mengantisipasi melubernya air yang berlebih, Wakil Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengimbau agara semua rumah di Kota Sukabumi bisa membuat lubang biopori sebagai penyerapan air dan mengurangi penumpukan sampah.

Hal itu dikarenakan masih tingginya masyarakat Kota Sukabumi yang menjadikan sungai dan selokan sebagai tempat penyaluran tinja.

“Saya harap, supaya program biopori terus diperlukan agar semua rumah di Kota Sukabumi bisa membuat lubang biopori sebagai penyerapan air dan mengurangi penumpukan sampah,” jelas Fahmi di sela-sela pembuatan biofori dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kesehatan Lingkungan Kota Sukabumi di Aula Balcony, Kota Sukabumi, kemarin (18/5/2017).

Menurutnya, ini pun dalam rangka memperbaiki kesehatan lingkungan yang berbasis masyarakat.

“Tujuan dilaksanakannya rakor ini tak lain untuk membuat komitmen bersama antar lintas sektor, lintas program, kelompok masyarakat dan dunia usaha agar mendukung STBM pilar kesatu. Yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) dan pengamanan air minum,” katanya.

Ia menambahkan, prilaku masyarakat yang berprilaku seenaknya itu dapat berpotensi membuat pencemaran terhadap kesehatan lingkungan di Kota Sukabumi.

MakanyaPemerintah Kota Sukabumi melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 3 tahun 2014 tentang Strategi Total Berbasis Masyarakat (STBM), melakukan program nasional di bidang sanitasi dengan pendekatan untuk perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat.

“Pemkot Sukabumi akan menstimulasi masyarakat sehingga dengan pemberdayaan ini masyarakat sadar dengan kebersihan dan bisa mengelola limbah yang ada di lingkungan sekitarnya,” tukasnya.

(cr11)


loading...

Feeds

ilustrasi gempa Tasikmalaya, Jawa Barat

Kisah Kiper Persib Alami Gempa

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Korban gempa ternyata juga hampir membuat Kiper Persib Imam Arief Fadhilah menjadi korban. Refleksnya saat itu Imam selamatkan …
Aksi Tolak Trump dari Purwakarta (FB Ikbal Fauzi.)

Warga Purwakarta Tolak Pernyataan Trump

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA– Aliansi Masyarakat Selamatkan Al-Aqsha (AMSA) Purwakarta menggelar Aksi Bela Palestina di Jalan Kemuning, Nagrikaler, Purwakarta, Sabtu (16/12/2017). Hal …