Jadi ‘Biangkerok’ Banjir di Kota Sukabumi, Keramba Ikan di Sungai Bakal Dibongkar

USAHA MASYARAKAT: Salah satu keramba ikan yang berada di atas saluran sungai yang dituding menjadi penyebab banjir di daerah Cikole Kota Sukabumi.
FOTO : DASEP/RADARSUKABUMI

USAHA MASYARAKAT: Salah satu keramba ikan yang berada di atas saluran sungai yang dituding menjadi penyebab banjir di daerah Cikole Kota Sukabumi. FOTO : DASEP/RADARSUKABUMI

Selain itu, lanjut Fahmi, banyaknya permukiman penduduk yang semakin padat di daerah yang lebih tinggi.

Sehingga, wilayah yang disinyalir tinggi tersebut tidak dapat menyerap besarnya intensitas curah hujan yang melanda wilayah di bawah pimpinanannya itu. Akibatnya, air hujan yang deras langung mengalir ke permukaan yang lebih rendah.

“Jadi, tidak banyak lahan kosong di daerah atas, wajar saja air tidak bisa menyerap dan lngung mengalir ke bawah,” terangnya.

Agar persoalan banjir tidak terus melanda Kota Sukabumi, kata Fahmi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di bawah komandonya itu untuk melakukan beberapa upaya.

Di antarannya, membuat saluran-saluran draenase baru untuk memecah aliran sungai maupun air hujan di beberapa titik dengan menggunakan anggaran biaya tidak terduga (BTT).

“Upaya-upayanya itu, kita lakukan untuk mengantisipasi banjir. Membongkar keramba serta membuat saluran air yang baru,” paparnya.

(cr5)



loading...

Feeds