Asyik… Mumpung Lagi ‘Diskon’, Balik Nama dan Denda Pajak Kendaraan Bebas

FOTO: DASEP/RADARSUKABUMI
TAAT PAJAK: Masyarakat saat membayar pajak kendaraannya di Kantor Dispenda Jawa Barat Perwakilan Kota Sukabumi, Jumat (14/10/2016).

FOTO: DASEP/RADARSUKABUMI TAAT PAJAK: Masyarakat saat membayar pajak kendaraannya di Kantor Dispenda Jawa Barat Perwakilan Kota Sukabumi, Jumat (14/10/2016).

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kabar gembira, bagi masyarakat yang hendak melakukan balik nama kendaraan dibebaskan dari segala biaya. Selain itu, warga juga dibebaskan dari biaya denda keterlambatan pembayaran pajak.

Program tersebut dikeluarkan Dinas Pendapatan Daerah Jawa Barat (Dispenda Jabar) perwakilan Kota Sukabumi. Program itu juga sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 973/499-Dispenda/2016.

“Jadi, pak gubernur ingin meringankan denda pajak kepada masyarakat. Bahwasannya, dendanya hilang tapi pokoknya tetap ada. Itu saja dendanya gratis baik yang satu tahun, dua tahun dan tiga tahun,” ungkap Kepala

Dispenda Jawa Barat Wilayah Kota Sukabumi, Endang Sutardi kepada Radar Sukabumi, Jumat (14/10/2016).
Lanjut Endang, program BBN gratis itu, berlaku bagi tangan pertama, kedua hingga seterusnya. Sehingga, ia berharap masyarakat memanfaatkan program tersebut.

“Biaya mutasinya, sekarang nol persen atau semuanya gratis. Jadi bila masyarakat mau membalikkan nama kendaraannya bisa dilakukan,” terangnya.

Program ini bisa dinikmati mulai 17 Oktober sampai 24 Desember 2016 mendatang. “Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Karena, waktunya cuma dua bulan saja dan program ini berlaku untuk semua wilayah di Jawa Barat,” tuturnya.

Masih kata Endang, tujuan dari apa yang dilakukan oleh pihaknnya tersebut. Lantaran, di wilayah Jawa Barat pada umumnya dan khusunya di wilayah Kota Sukabumi, masih banyak wajib pajak kendaraan bermotor yang belum atas nama sendiri dan belum membayar denda kendaraan bermotor. Karena, adanya kepastian hukum serta tertibnya administrasi kendaraan harus dimiliki oleh masyarakat.

“Intinya, ini untuk membantu masyarakat dan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),” ujarnya.
Endang mengaku, untuk menginformasikan program tersebut kepada masyarakat di Kota Sukabumi, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan roadshow ke setiap elemen masyarakat. Seperti, instansi pemerintahan, kecamatan dan kelurahan, sekolah serta kampus di wilayah Kota Sukabumi.

“Waktu pelaksanaan programnya terbatas. Jadi, kita akan sosialisasikan secara maksimal kepada masyarakat Kota Sukabumi,” akunya.

(cr5/d)


loading...

Feeds

KOMPAK: APJ (kiri) saat bersilaturahmi ke Ketua NU Kabupaten Bogor, Romdoni (tengah).

APJ Minta Restu Ketua NU Kabupaten Bogor

POJOKJABAR.com, BOGOR – Bakal calon Bupati Bogor, Alek Johan Purnama (APJ), terus bersilaturahmi terutama kepada para tokoh. Sebelumnya, APJ mengunjungi …