STT Nusa Putra ‘Tebar’ Beasiswa

FOTO BERSAMA : Ketua STT Nusa Putra, Kurniawan, foto bersama dengan para orang tua mahasiswa yang menerima beasiswa dari kampus.

FOTO BERSAMA : Ketua STT Nusa Putra, Kurniawan, foto bersama dengan para orang tua mahasiswa yang menerima beasiswa dari kampus.

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Semakin banyaknya perguruan tinggi (PT) di Sukabumi, membuat daya saing semakin ketat. Nampaknya, hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya ke PT. Tak hanya itu, berbagai kampus pun kini menyediakan fasilitas beasiswa bagi mahasiswa, baik itu berprestasi maupun bagi yang tidak mampu.

Seperti halnya di Sekolah Tinggi Teknik (STT) Nusa Putra yang memberikan beasiswa langsung kepada para mahasiswa baru. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua STT Nusa Putra, Kurniawan kepada Radar Sukabumi, Rabu (2/9/15).

Selain itu juga, dirinya mengatakan bahwa pemberian beasiswa yang dilakukan oleh Yasasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi sudah dijalankan sejak 2008, satu tahun setelah didirikannya STT Nusa Putra pada 2007 dengan pemberian pada dua program diploma dan juga sarjana.

“Pemberian beasiswa pada mahasiswa baru sudah kami lakukan dari tahun 2008 pada mahasiswa, baik program sarjana maupun diploma III yang ada pada jurusan kampus kami,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa program beasiswa yang diberikan diyakini akan banyak bermanfaat bagi mahasiswa, seperti meringankan beban materi orang tua serta dilatih untuk bisa belajar mandiri. Karena program beasiswa yang diberikan, ditambah lagi tempat tinggal berupa asrama.

“Banyak keunggulan dan manfaat, selain menghemat materi, para mahasiswa yang diberikan beasiswa pun diberikan tempat tinggal dengan berbasis pondok pesantren. Jadi ke depan, insya Allah para mahasiswa bisa belajar mandiri dan menimba ilmu agama,” paparnya.

Ia juga mengungkapkan, anggaran yang disediakan bagi para mahasiswa baru yang akan menerima beasiswa sudah dicanangkan sebesar Rp 3,5 miliar per tahun. Sehingga, dirinya yakin nantinya para mahasiswa akan menjadi calon sarjana yang siap bersaing.

“Tidak bisa dipungkiri, pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu hidup. Oleh karena itu, program ini saya harapkan bisa mencetak lulusan yang berkualitas serta siap bersaing di era ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Kemahasiswaan STT Nusa Putra, Muhammad Muslih menerangkan, mekanisme penerimaan beasiswa untuk mahsiswa tahun ini terdiri dari mulai proses pendaftaran dan uji kelayakan (kompetensi).

“Pendaftar yang masuk untuk mengikuti tes tahun ini berjumlah 73 orang, dengan hanya menerima 47 kuota yang disediakan. Namun dari semuanya, saat ini yang berhak menerima beasiswa setelah diuji kelayakan secara akademis maupun wawancara langsung tersisa 26 orang,” paparnya.

Dirinya pun berharap, dengan diberikannya beasiswa kepada para mahasiwa baru yang memenuhi kriteria, nantinya dapat menjalankan kewajibannya selaku mahasiswa untuk menuntaskan perkuliahan. Hal ini berkaca pada kasus sebelumnya dimana pernah terjadi para mahasiswa yang tidak tuntas sampai selasai mengikuti program beasiswa.

“Memang pernah ada mahasiswa yang harus mengembalikan beasiswa akibat melanggar. Seperti tidak bisa menjaga kedisiplinan dan juga atitude (perilaku) kurang baik yang dilakukan mahasiswa. Maka dari itu, kami pun berharap semoga para mahasiswa yang tahun ini terjaring dalam program beasiswa mudah-mudahan dapat menyelesaikan amanah tersebut sampai wisuda,” pungkasnya. (cr7/e)

Feeds