Banyak Bibit Unggul, Kota Sukabumi Tak Punya Lintasan Balap

Ilustrasi Grasstrack

Ilustrasi Grasstrack

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Ratusan pembalap motor bersaing di kejuaraan Grasstrack Open Walikota Cup seri 1 2015, di track lintasan Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cibereum Kota Sukabumi, kemarin (12/4). Balapan di lintasan tanah ini merupakan bagian dari rentetan acara Hari Jadi Kota Sukabumi ke-101.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Ekonomi Kreatif (Disporaparekraf) Kota Sukabumi, Rudi Juhayat menjelaskan balapan tersebut merupakan even yang kedua kalinya diselenggarakan. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini peserta balapan lebih banyak dan merupakan talenta muda berbakat yang berasal dari kota dan kabupaten di Jawa Barat dan Provinsi Banten.

“Tahun ini pesertanya cukup banyak hingga mencapai 200 peserta lomba dengan berbagai kelas,” kata Ruhiyat.

Ia menuturkan, Grasstrack Open Walikota Cup seri 1 2015 ini memperlombakan 13 kelas yaitu kelas bebek standar pemula, kelas bebek standar open, kelas bebek standar modifikasi 2/4t junior, kelas bebek modifikasi 4 yak 130 senior, FFA pemula open, FFA junior, bebek modifikasi s/d 15 tahun, mini motor 8-10 tahun, mini motor 10-14 tahun, FFA lokal Sukabumi bebek standar lokal Sukabumi, OMR KLX dan adventure. “Dari sekian banyak kelas dan peserta, pembalap asal Sukabumi bisa mengimbangi bahkan tidak sedikit dari peserta masuk ke dalam lima besar,” terangnya.

Hanya saja, Rudi mengungkapkan saat ini Kota Sukabumi belum memiliki lintasan grasstrack, padahal Kota Sukabumi memiliki bibit unggul di bidang olahraga yang rencananya masuk PON ini. Di samping itu, dengan adanya lintasan balap bisa meminimalisir peredaran geng motor khususnya di lingkungan pelajar Kota Sukabumi.

“Siapa tahu dengan disediakannya lintasan balap ini pelajar atau masyarakat yang hobi balapan liar atau balapan bisa tersalurkan,” imbuhnya. Sementara itu, dalam perlombaan tersebut hadir pula Wakil Walikota Sukabumi, Ahmad Fahmi. Ia sangat mendukung dengan adanya Grasstrack Open Walikota Cup seri 1 2015. “Dengan adanya perlombaan balap ini siapa tahu muncul bibit-bibit unggul dari daerah khususnya Kota Sukabumi yang dapat membawa nama harum Kota Sukabumi,” pungkasnya. (wdy/dep)

Feeds