Orgil Makin Menjamur, Pemerintah Dinilai Cuek

Orang gila menjamur di Kota Sukabumi

Orang gila menjamur di Kota Sukabumi

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Saat ini, tak susah menemukan orang gila (orgil) di Kota Sukabumi. Hampir di setiap sudut keramaian kota, selalu ada saja orgil bekeliaran. Seperti halnya di Lapangan Merdeka dan Alun-alun Kota Sukabumi.

Setiap sudutnya pasti ditemukan orgil dan gelandangan. Seorang pedagang asongan yang sudah tujuh tahun berjualan di kawasan Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Hanafi (52) mengatakan, hampir setiap hari dirinya selalu menemukan orgil berkeliaran.

“Jujur, semenjak banyak orgil di Kota Sukabumi, terkadang saya jadi risih untuk berjualan di sini. Tak jarang beberapa orgil datang dan meminta rokok kepada saya. Pembeli pun jadi enggan untuk menghampiri,” keluhnya.

Ia pun heran dengan sikap Pemkot Sukabumi melalui dinas terkait yang terkesan cuek. Padahal, keberadaan orgil tersebut tak hanya membuat kesan kumuh Kota Sukabumi. Tapi juga mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya. “Sekarang penataan Lapangan Merdeka sudah bagus, tapi dengan keberadaan orgil seperti ini, keindahannya seakan sia-sia. Karena dengan keberadaannya terkesan kumuh dan tak terawat,” paparnya.

Dari hasil pantauan Radar Sukabumi (Grup Pojoksatu.id) di lapangan, memang keberadaan orang gila ini seolah makin menjamur. Di Lapang Merdeka saja, sedikitnya ada tiga orgil yang ditemukan, dan di Alun-Alun Kota Sukabumi yang sekarang suasananya sudah indah, ada satu ditemukan orgil. “Saya berharap, dinas terkait segera menertibkan keberadaan orgil tersebut. Jangan sampai, mereka menganggu dan merugikan banyak orang,” pintanya.

Hal senada juga dikatakan, Hendra (40). Warga Cikondang yang setiap hari pulang pergi dari Pasar Pasundan ke Jalan Siliwangi mengaku sering menemukan orgil tersebut. Tak jarang, dirinya sering mendapat gangguan oleh ulah orgil. “Pernah dicolek-colek dan lainnya. Saya harap pemerintah tak tutup mata dengan fenomena tersebut. Jangan keberadaan orgil ini dibiarkan berkeliaran dan bertambah banyak,” harap Hendra. (cr6/dep)

Feeds

WARGA MENOLAK SSA : Spanduk penolakan Sistem Satu Arah (SSA) yang mengatasnamakan Forum RW dan LPM Kelurahan Depok Jaya terpasang di sisi Jalan Nusantara Raya, kemarin malam. Foto : Ahmad Fachry/Radar Depok

Warga Depok Jaya Tolak Sistem Satu Arah

POJOKJABAR.com, DEPOK – Sistem satu arah (SSA) yang diujicoba Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, mulai diprotes. Keladinya, jalan searah tersebut dinilai …