Masyarakat Apatis Pemekaran Kabupaten Sukabumi Utara

Warga Kabupaten Sukabumi saat gelar deklarasi percepatan pemekaran beberapa waktu lalu.

Warga Kabupaten Sukabumi saat gelar deklarasi percepatan pemekaran beberapa waktu lalu.

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Spanduk berisi harapan pemekaran Daerah Otonomi Baru Kabupaten Sukabumi Utara (DOB KSU) tanpa tuan karena tidak ada identitas kelompok atau perorangan yang membuatnya, terpasang di area strategis salah satunya di pagar Masjid Jami Hamzah, Jalan Cibolang, Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Andri, seorang pedagang yang biasa berjualan di depan masjid ini mengatakan, sejak tiga hari lalu spanduk berukuran 1 x 5 meter ini telah terpasang.

“Ada tiga orang pengendara kendaraan bermotor yang memasangnya, waktu itu sekitar pukul 10.00 WIB,” ujar Andri, kemarin (10/4).

Pria 32 tahun itu menilai, spanduk bertuliskan ‘Segera Terwujud Kabupaten Sukabumi Utara’ tersebut memberi harapan bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi yang ingin pemekaran wilayahnya.

“Dengan adanya spanduk itu, harapan saya selaku masyarakat Sukabumi wilayah utara kembali muncul, walau sampai hari ini masih berupa angin surga semata,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Adjo Sardjono mengaku, spanduk tersebut akan memelihara semangat masyarakat menyongsong terbentuknya pemekaran Kabupaten Sukabumi Utara. “Ini sebagai bentuk ikhtiar masyarakat dalam rangka memelihara semangat menyongsong terbentuknya pemekaran KSU,” ujar Adjo Sardjono saat dikonfirmasi melalui telepon.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi M. Agus Mulyadi menjelaskan, pemekaran sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat harus terus diperjuangkan.

“Pemekaran harus terus diperjuangkan, karena hal itu akan meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat,” beber M Agus Mulyadi.

Harapan DOB KSU tetap ada, meski dirinya mengaku sangat kurang memungkinkan terjadi di tahun ini. Akan tetapi, sebagai langkah lanjutan dari proses yang pernah dilaksanakan, pihaknya akan melakukan kunjungan ke DPR RI pada pertengahan 2015 untuk mempertanyakan kelanjutan dari proses DOB KSU.

“Pertengahan tahun ini kami dari DPRD Kabupaten Sukabumi akan melakukan kunjungan ke DPR RI, untuk mempertanyakan sekaligus mendorong agar DOB KSU disegerakan. Mudah-mudahan DOB KSU bisa terealisasikan pada 2016,” pungkasnya. (cr9/dep)

Feeds