Wow, Harga Bawang Merah Tembus Rp32 Ribu

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Setelah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi naik. Kini giliran bawang merah yang harganya meroket di pasar tradisional Sukabumi. Kemarin (9/4), harga bawang merah sudah di angka Rp32 ribu/kg.

“Stoknya lancar, tapi gara-gara harga BBM ini naik harga bawang merah sekarang tak mau kalah, sudah Rp32 ribu/kg,” kata Diah, pedagang bahan pokok di Pasar Cibadak, Kabupaten Sukabumi, kemarin (9/4).

Kepada Radar Sukabumi (Grup Pojoksatu.id), dirinya menjelaskan, kenaikan harga ini terjadi seminggu lebih. “Sejak harga BBM dinaikkan saja,” terangnya.

Ia tak bisa memprediksi kapan harga bawang merah ini akan kembali turun. “Padahal dulu harga bawang ini kita jual Rp8 ribu/kg, padahal harga bawang merah ini menjadi andalan bumbu dapur rumah tangga dan rumah makan,” terangnya.

Meski begitu, harga sembako lain banyak yang mengalami penurunan harga seperti cabai merah yang turun Rp4 ribu menjadi Rp16 ribu/kg. Telur ayam turun Rp5 ribu dari Rp22 ribu/kg menjadi Rp17 ribu/kg. Namun, untuk harga daging-dagingan seperti ayam dan sapi tetap stabil di kisaran Rp27 ribu/kg untuk ayam, dan Rp120 ribu/kg sapi. Beras pun turun Rp30 ribu/karung menjadi Rp230 ribu/kg, sedangkan beras Cianjur dari Rp280 ribu menjadi Rp250 ribu/kg.

Seorang konsumen, Rahmawati, kerepotan dengan kondisi ini. Dirinya merasa ada yang kurang dengan masakan yang dibuatnya untuk dijual.

“Saya punya warung nasi, jadi kalau bawang merah ini tak dipakai di masakan ya jadi tak sedap. Sedangkan konsumen kan tak mau tau naik apa tidaknya harga bawang di pasaran. Terpaksa saya beli setengahnya untuk bawang merah ini, dan untuk mengantisipasinya saya menggunakan bawang putih atau daun bawang untuk memberikan aroma wangi,” katanya. (cr8/dep)

Feeds