Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Ini Ditanami Pohon Pisang

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Kesal lantaran jalan tak kunjung diperbaiki. Warga Desa Ganesa Kecamatan Cisolok, menanam dua pohon pisang di tengah Jalan Cikondang-Cipanas. Penanaman tersebut sebagai bentuk protes karena sudah hampir setahun jalan milik pemerintah daerah itu tak diperbaiki. Selain bergelombang, jalan selebar sekitar 8 meter itu juga berlubang besar di beberapa titik.

Salah satu warga, Komyah (73), mengatakan, akibat kondisi jalan yang rusak, banyak pengendara yang mengalami kecelakaan. Terutama para pengendara roda dua yang sering terpelanting akibat masuk ke dalam lubang. Jalan yang menghubungkan warga Desa Cimaja, Ganesa dengan Terminal Cisolok dan tempat wisata pemandian air panas Cipanas itu juga minim penerangan.

Tak kunjung diperbaiki pemerintah daerah, warga akhirnya secara swadaya menutup beberapa lubang dengan campuran semen dan pasir. Dua batang pohon setinggi sekitar 1 meter kemudian ditancapkan di tengah jalan agar mendapatkan perhatian.

“Itu sebagai penanda saja kalau jalan ini rusak. Jadi pengendara bisa lebih berhati-hati saat melintas,” ujarnya, kemarin (9/4).

Kondisi dan kontur Jalan Cikondang-Cipanas cukup berkelok dan naik turun. Jalan tersebut menjadi akses alternatif jika Jalan Raya Cisolok macet. Para wisatawan dan penduduk Palabuhanratu kerap memilih melintasi jalan tersebut saat musim liburan. Tak jauh dari lokasi juga ada dua sekolah, yakni SMAN 1 Cisolok dan SDN Ganesa. Siswa kedua sekolah tersebut mencapai ratusan lantaran masuk kategori sekolah favorit.

“Warga sudah kesal, kalau hujan turun jalan ini berubah menjadi kubangan. Daripada semakin banyak memakan korban, lebih baik kami secara swadaya membetulkan lubang-lubang itu. Apalagi jalan ini setiap harinya dilintasi siswa. Dari lebaran tahun lalu kondisinya sudah rusak parah,” kata Ujang (43) pengendara sekaligus warga sekitar.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi, belum bisa dikonfirmasi. Dua nomor handphone yang ada tak bisa dihubungi. Keduanya bernada sambung tidak aktif. (lan/dep)

Feeds

WARGA MENOLAK SSA : Spanduk penolakan Sistem Satu Arah (SSA) yang mengatasnamakan Forum RW dan LPM Kelurahan Depok Jaya terpasang di sisi Jalan Nusantara Raya, kemarin malam. Foto : Ahmad Fachry/Radar Depok

Warga Depok Jaya Tolak Sistem Satu Arah

POJOKJABAR.com, DEPOK – Sistem satu arah (SSA) yang diujicoba Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, mulai diprotes. Keladinya, jalan searah tersebut dinilai …