Pencurian Kabel Listrik Makin Marak

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Pencurian kabel listrik di gardu PLN Sukabumi, kembali marak. Setelah sebelumnya sempat terjadi pencurian kabel listrik di beberapa titik di Kota dan Kabupaten Sukabumi, pencurian kabel listrik di gardu PLN kembali terjadi di dua tempat selama dua hari berturut-turut.

Pencurian kabel tersebut terjadi di dua tempat yakni, di wilayah Selakaso dan Cimangkok Kabupaten Sukabumi di wilayah rayon Kota Sukabumi di antaranya di Kampung Cikundul, tepatnya depan Rusunawa dan di belakang Polsek Cikundul.

Humas PLN Sukabumi, Dedi Kusnaedi mengatakan, pencurian kabel listrik PLN sudah terjadi 38 kali sejak Januari hingga April 2015 ini. Adapun daerah rayon yang pernah kecurian kabel tersebut di antaranya rayon Palabuhanratu sebanyak 18 kasus, Cikembar delapan kasus, Sukaraja lima kasus, Sukabumi Kota lima kasus dan Cibadak dua kasus. “Kami sudah lapor ke Polres Sukabumi Kota, dan tadi Wakapolres Sukabumi Kota Kompol Fatoni juga langsung mengecek TKP pencurian yang berada di kota,” terangnya.

Dikatakan Dedi, dengan kembali maraknya pencurian tersebut mengakibatkan kerugian material yang berimbas pada berkurangnya energi listrik, serta mengakibatkan kerugian kepada pengusaha yang menggunakan energi listrik. “Kerugiannya tidak hanya kepada pihak PLN saja, tetapi kepada masyarakat terutama pengusaha yang menggunakan energi listrik setiap hari paling kena imbas. Kalau listrik mati, usaha mereka bisa rugi,” terangnya.

Tidak hanya itu, kabel listrik yang dicuri bisa mengakibatkan listrik padam sehingga berimbas pada tindak kriminal tinggi seperti pencurian di rumah-rumah yang dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab saat lampu padam.

Untuk itu, Dedi pun berharap kepada masyarakat Sukabumi, jika terjadi pemadaman listrik pada malam hari segera hubungi PLN dengan call center 123. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pencurian lagi. PLN pun semakin memperketat pengawasan di setiap rayon PLN dan memasang alarm di setiap gardu PLN.

“Tindakan sementara kita memasang alarm yang bisa langsung berbunyi jika terjadi pencurian. Untuk antisipasi panjangnya, rencana ke depan tidak hanya dipasangi alarm tetapi juga akan memasang alat semacam GPS yang bisa mengecek langsung di mana tempat pencurian berlangsung. Jadi, kami bisa langsung mengejar ke TKP,” ungkap Dedi.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota, AKP Sulaeman mengatakan, saat ini pencurian kabel tersebut masih dalam penyelidikan pihak Polres Sukabumi Kota. Namun dikatakannya, pihaknya sudah mengendus dan mengantongi identitas para tersangka pencurian tersebut. “Memang belum kita tangkap, tetapi kita sudah mengetahui identitas pelaku dan sedang dalam pengejaran,” pungkasnya. (wdy/dep)

Feeds

WARGA MENOLAK SSA : Spanduk penolakan Sistem Satu Arah (SSA) yang mengatasnamakan Forum RW dan LPM Kelurahan Depok Jaya terpasang di sisi Jalan Nusantara Raya, kemarin malam. Foto : Ahmad Fachry/Radar Depok

Warga Depok Jaya Tolak Sistem Satu Arah

POJOKJABAR.com, DEPOK – Sistem satu arah (SSA) yang diujicoba Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, mulai diprotes. Keladinya, jalan searah tersebut dinilai …