43 Sekolah di Cisolok Rusak

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.id, SUKABUMI – SDN Bojong di Kampung Bojong Desa Cicadas RT 01/02 Kecamatan Cisolok dan Posyandu yang dipergunakan belajar mengajar PAUD di Kampung Cicadas minta diperhatikan. Lantaran kondisinya hingga kini belum ada yang memperdulikan baik dari pengelola maupun pemerintah.

Terlihat kondisi atap SDN Bojong yang bolong dan dindingnya retak tidak terawat. Cat tembok pun sudah luntur. Padahal, jika bangunan tersebut mendapatkan perawatan secara rutin, tidak akan mengalami seperti itu.

Tenaga Pendidik SDN Bojong, Rudi Andriana mengungkapkan, di antara beberapa sekolah yang berada di wilayahnya tersebut, memang diakui bangunannya sangat memprihatinkan. Pasalnya, puluhan sekolah lainnya sudah jauh lebih baik.

“Sekitar 43 sekolah di wilayah Kecamatan Cisolok yang paling parah di sekolah kami,” klaim Rudi kepada Radar Sukabumi (Grup Pojoksatu.id).

Dikatakan Rudi, kerusakan bangunan sekolahnya tersebut diakui karena minimnya anggaran perawatan. Sebab, hingga kini pihaknya belum juga mendapatkan bantuan perbaikan.

“Pada tahun 2012 lalu, bangunan sekolahnya tersebut mendapatkan bantuan Pemerintah Sukabumi. Namun, ironisnya dalam waktu yang terbilang belum lama ini, kondisinya sudah rusak,” terangnya.

Rudi yang merupakan guru kelas VI dan III itu menjelaskan, meskipun kondisi bangunan seperti itu, namun semangat belajar anak-anak sangat tinggi. “Sekitar 57 siswa yang terdaftar. Meskipun, sekolah kami berada di daerah pegunungan motivasi belajar sangat tinggi,” tandasnya.

Sementara itu, di tempat terpisah, bangunan posyandu yang dipergunakan untuk sarana belajar mengajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga mengalami hal serupa. Sehingga sudah dua bulan ini pihak sekolah memilih untuk tidak mem-pergunakannya, dikarenakan membahayakan.

“Jadi sudah dua bulan ini, anak-anak melakukan proses belajar mengajar di desa,” ungkap Kepala Desa Cicadas, Nuharja.

Ia berharap, pemerintah segera memberikan bantuan terhadap penunjang fasilitas pendidikan yang layak. Sebab, dengan kondisi bangunan seperti ini, tidak jarang siswa terganggu.

“Genteng sekolah sudah bocor, kalau hujan jelas mengganggu,” terangnya. (lan/dep)

Feeds