Wow, DAK Capai Rp36 Miliar

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Untuk meningkatkan pembangunan di daerah, Pemerintah Pusat seperti biasanya mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) bersumber APBN. Dari informasi yang dihimpun, Kota Sukabumi tahun ini menerima alokasi DAK mencapai Rp36.045.860.000. Memang, alokasi DAK sudah diatur dalam Pasal 1 ayat 23 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Keuangan Daerah.

Besarnya alokasi dana tersebut, mendapat tanggapan dari Ketua Komisi II DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi. DAK sendiri bertujuan membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas Nasional. Pelaksanaan DAK sendiri diarahkan pada kegiatan investasi pembangunan, pengadaan, peningkatan, dan/atau perbaikan sarana dan prasarana fisik. Pelayanan terhadap masyarakat, dan pengadaan sarana fisik untuk penunjang.

Politisi Partai Golkar ini pun berharap, besaran DAK yang dimiliki Kota Sukabumi dapat memacu kinerja setiap SKPD, serta semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Sukabumi. Setiap program yang akan dilaksanakan oleh SKPD yang memiliki DAK, harus memiliki kemanfaatan yang besar untuk masyarakat Kota Sukabumi. “Jangan sampai, anggaran tersebut terserap tapi tidak tepat sasaran. Pemkot Sukabumi harus benar-benar memanfaatkan anggaran untuk kepentingan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Sukabumi, Dida Sembada mengatakan, memang betul DAK Kota Sukabumi mencapai Rp 36.045.860.000. Tapi diakuinya, tidak semua dinas mendapatkan DAK tersebut. “Anggaran DAK ini bisa dicairkan, kalau ada kegiatan yang dilaksanakan oleh SKPD terkait yang memiliki DAK tersebut,” terangnya.

Sementara Kepala Bidang Perbendaharaan DPPKAD Kota Sukabumi, Yayat Hidayat mengatakan, dana DAK yang sudah masuk ke kas daerah Kota Sukabumi, sebesar Rp10,8 miliar. “Untuk sementara ini, belum ada penyerapan yang dilakukan SKPD yang memiliki DAK tersebut. Saya juga berharap, SKPD segera dilakukan penyerapan anggaran,” pintanya.(cr5/dep)

Feeds