Asyik, Honor RT/RW Dipercepat

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Tak seperti biasanya, kali ini Pemkot Sukabumi mempercepat pencairan honor perangkat RT dan RW akhir Maret lalu. Padahal, pencairan seharusnya dilakukan pertengahan bulan April.

“Dipercepatnya pencaiaran honor ini bonus Hari Jadi Kota Sukabumi ke 101. Mudah-mudahan dengan percepatan pencairan honor ini dapat meningkatkan kinerja para ketua RT dan ketua RW,” ujar Asisten Daerah 1 Kota Sukabumi, Andri Setiawan.

Perangkat RT dan RW, katanya, sebagai ujung tombak pelayanan kepada masyarakat. Karena itu, Pemkot memberikan perhatian agar dapat meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat.

“Jika diukur dari kebutuhan operasional, besarnya honor untuk Ketua RT dan RW sangat tidak memadai. Honor ini sifatnya untuk mendorong semangat ketua RT dan ketua RW dalam meningkatkan kinerja,” katanya.

Besarnya honor bulanan yang pencairannya per triwulan itu Rp100 ribu per bulan untuk ketua RT dan Rp150 ribu per bulan bagi ketua RW. Dana untuk honor ditransfer ke rekening masing-masing di Bank Jabar Banten Cabang Sukabumi.

Pencairan dilakukan dengan cara Ketua RT dan RW membawa buku tabungan, stempel, dan SK pengangkatan jabatan. Persyaratan ini untuk mencegah honor jatuh pada orang yang tidak berhak mencairkannya. “Honor harus diambil oleh Ketua RT atau RW yang SK jabatannya masih berlaku,” tegasnya.(nur/dep)

Feeds